SOSO, GANDUSARI. Jum’at, 24 Januari 2020. KKN IAIN TULUNGAGUNG dari Devisi Ekonomi melakukan kunjungan ke tempat produksi Kripik Rengginang Ibu Heni yang bertempat di desa Soso, Gandusari. Keripik Ibu Heni ini merupakan salah satu produk unggulan dari UMKM di desa Soso. Tempat produksi Keripik Bu Heni berada disekitar salah satu wisata desa Soso yakni Belumbang Gede. Pada saat kami berkunjung ke tempat produksi Keripik Ibu Heni bertepatan dengan proses pembuatan keripik tersebut, dari mulai pemotongan, pencucian sampai dengan proses penggorengan.

Awal mula produksi keripik ini berdiri sejak 3 tahun yang lalu. Bermula dari kebingunan Ibu Heni dalam mengisi waktu luangnya, sehingga Bu Heni mencoba untuk membuat beberapa keripik untuk camilan keluarga. Bermula dari itu banyak teman daru Bu Heni yang suka dengan keripik buatannya tersebut. Sehingga seiring berjalannya waktu Bu Heni menerima banyak pesanan dari teman-teman dan masyarakat sekitar. Tempat produksi Bu Heni sampai saat ini masih berada  di dalam wilayah rumahnya.

Saat kami berkunjung di kediaman beliau, kebetulan Ibu Heni sedang membuat keripik produksinya. Keripik yang diproduksi Ibu Heni tidak hanya satu macam saja, diantaranya yakni keripik pisang, keripik pare, keripik tempe, keripik menjes, keripik singkong dan masih banyak lagi. Tetapi saat itu Ibu Heni sedang membuat produksi keripik tempe dan keripik pare saja.

Proses pembuatan kripik tempe pada tahap pertama tempe diiris dengan sangat tipis yang tujuannya untuk hasil akhir agar menghasilkan tekstur tempe yang renyah. Tahap kedua pembuatan bumbu-bumbu adonan kripik tempe. Selanjutnya tempe yang sudah diiris tadi dicelupak kedalam adonan untuuk digoreng sampai tempe benar-benar kering dan crispy. Setelah tempe digoreng proses selanjutnya yaitu keripik dimasukkan kedalam spiner guna mengurangi kadar minyak dari keripik tersebut agar keripik bisa bertahan lama. Selanjutnya tahap akhir keripik dikemas menggunakan plastic tebal khusus makanan.

Pemasaran keripik rumahan Ibu Heni ini masih belum terlalu luas jangkauannya, masih berada disekitar desa Soso. Pemasarannya pun masih secara mulut antar mulut perorangan, dan juga terkadang dititipkan ke beberapa toko dan pengepul yang ada di Desa Soso. Pemasaran Produksi ini pun juga belum menjangkau media sosial.

Beberapa tahapan produksi sudah dilalui, tak lupa kita juga mecicipi hasil dari produksi keripik tempe tersebut. Semoga usaha Kerpik Ibu Heni semakin berkembang dan dapat memberikan lapangan pekerjaan untuk masyarakat di sekitarnya.

(Devisi Ekonomi, Soso 1 )

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Monday, Apr 29, 2024