DEMUK, PUCANGLABAN – Pada hari Sabtu 03 Februari 2023. Telah dilaksanakan kegiatan Progam Kerja Sertifikasi Halal pada beberapa UMKM oleh mahasiswa KKN UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung di desa Demuk. Acara diselenggarakan secara offline diikuti oleh pelaku usaha yang akan menerima sertifikasi halal. Serta mahasiswa KKN Divisi Ekonomi.

Acara dimulai dengan melakukan survei beberapa UMKM yang ada di dusun Krajan dan dusun Rowoagung. Kami melihat proses produksinya, ternyata tidak semua UMKM rutin melakukan produksi dan berproduksi  ketika hanya ada pesanan saja. Maka dari itu ada dua UMKM yang sekiranya bisa diserfitifikasi halal. Lalu tim kami menginputkan data di pusat bisnis kampus dan membuat NIB UMKM tersebut.

Kami mendata dari bahan, pengolahan, hingga pengemasan produk. Pertama kelompok kami mendatangi peyek Bu Jatun, kami melihat dari proses pembuatan peyek sederhana, meskipun pembuatannya sederhana tetapi menggunakkan bahan-bahan halal dan bersih, lalu kami pergi ke produk pembuatan permen tape, kami melihat proses pembuatan permen tape dari awal sampai akhir disitu kami mencoba untuk menginputkannya ke sertifikasi halal.

Kami menjelaskan kepada ibu-ibu setempat dan pelaku UMKM terkait pentingnya sertfikasi halal dan bagaimana alur mendapatkan sertifikasi halal, tak lupa menjelaskan bahwa progam sertifikasi halal ini adalah progam unggulan dari kampus UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Kami merasa senang bila dapat membantu dan mengedukasi warga tentang manfaat sertifikasi halal.

Sertifikasi halal sangatlah penting bagi suatu produk agar produk tersebut bisa layak edar, meskipun sertifikasi halal hanya berlaku selama 4 tahun, kami berusaha akan menserfitikasi produk UMKM sebanyak mungkin, dan sertifikasi halal ini dilaksanakan secara gratis tanpa dipungut biaya. Meskipun saat ini untuk memperpanjangnya masih belum ada yang gratis, tapi kami tetap mengusahakan yang terbaik demi menyukseskan program kerja ini. [Irma Reginsya/FD]

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Thursday, Mar 28, 2024