DEMUK-PUCANGLABAN – Senin, 6 Februari 2023 kader kesehatan melaksanakan kegiatan rutin posyandu bayi dan balita yang bertempat di balai desa Demuk dan Posyandu Anggrek IV. Bulan Februari dan Agustus merupakan bulan vitamin A yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Oleh karena itu, divisi kesehatan dan lingkungan hidup dengan dukungan Dosen Pembimbing Lapangan dan para kader bidang kesehatan mencanangkan program kerja yang berbasis pada pola pemberdayaan masyarakat. Salah satu tujuan dari program kerja tersebut adalah menumbuh kembangkan partisipasi masyarakat dan berperan aktif untuk menopang kesehatan anak di desa Demuk.

“Saya sangat mendukung dengan adanya kegiatan posyandu tersebut. Semoga dapat memberikan manfaat kepada masyarakat desa Demuk”. Kata DPL UIN SATU, Nuril Farida Maratus.

Melihat kurangnya pengetahuan orang tua tentang gizi dan masih kurang antusias dalam pemenuhan vitamin A yang terjadi pada anak penderita kurang energi atau gizi buruk. Namun, hal tersebut juga dapat terjadi pada keluarga dengan penghasilan cukup. Maka dari itu, divisi kesehatan dan lingkungan hidup berinisiatif untuk bekerja sama dengan para kader untuk memberikan vitamin A pada anak.

Menurut Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat desa Demuk, Qosidah mengatakan kapsul vitamin A ini bisa di dapatkan secara gratis di fasilitas kesehatan seperti rumah sakit, puskesmas, balai pengobatan, praktik dokter, atau bidan praktik swasta.

“Juga diberikan melalui pelayanan pada posyandu anggrek IV ini,” ungkapnya.

Sementara itu, para kader menjelaskan untuk pemberian vitamin A dosisnya disesuaikan dengan usia anak. Oleh karena itu, sebagai ajang pemerataan terpenuhinya vitamin A dilakukan pembagian suplementasi vitamin A dosis tinggi kapsul biru (dosis 100.000 IU) untuk bayi umur 6-11 bulan dan kapsul merah (dosis 200.000 IU) untuk anak umur 12-59 bulan di desa Demuk. Beberapa manfaat pemenuhan vitamin A adalah baik untuk kesehatan mata, bisa mengurangi kelainan atau penyakit pada mata, serta mencegah kerusakan mata dan kebutaan. Selain itu,  juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit infeksi seperti campak, diare, dan ispa. [Zuzun Rohmawati, Ulin Ni’matul Fadlillah/NE]

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Saturday, Apr 27, 2024