TUMPAKKEPUH, BAKUNG – Diba’an merupakan sebuah tradisi yang dilakukan dengan membaca atau melantunkan shalawat kepada Nabi Muhammad SAW. Diba’an ini biasanya diisi dengan membaca kitab maulid diba’ dan dipadukan dengan beberapa materi dari kitab maulid lain. Diba’an ini termasuk dalam rangkaian acara dalam kegiatan Ahwaya Islami yang diadakan oleh Divisi Sosial Budaya dan Agama.

Dari beberapa kali survey yang dilakukan oleh Divisi Sosial Budaya dan Agama, dapat disimpulkan bahwa komunitas pemuda dalam ranah keagamaan kurang berjalan dengan baik. Maka dari itu, kegiatan seperti diba’an ini kurang diketahui oleh para remaja dan anak-anak. Dari alasan tersebutlah, Divisi Sosial Budaya dan Agama mengadakan kegiatan Diba’an dengan menggandeng siswa-siswi TPQ yang ada di Tumpakkepuh.

Selain mengadakan kegiatan keagamaan , Divisi Sosial Budaya dan Agama juga memiliki proker ikut serta mengajar di TPQ setempat. Di kesempatan mengajar inilah, divisi melalui perwakilannya meminta izin kepada ustad dan ustadzah untuk mengadakan kegiatan tersebut.  Diba’an ini dilakukan dengan mengundang siswa-siswi TPQ untuk hadir dan ikut serta dalam kegiatan diba’an yang pada saat itu masih akan diencanakan dilaksanakan setiap senin malam.

Selama kegiatan KKN, diba’an telah dilaksanakan sebanyak dua kali. Yaitu yang pertama pada tanggal 30 Januari 2023 dan 6 Februari 2023. Kegiatan ini dilaksanakan di tempat yang sama yaitu di Masjid Nurul Huda, Tumpakkepuh sekitar pukul 18.30. Pertama-tama kegiatan ini dibuka dengan pelaksanaan sholat magrib berjamaah bersama siswa-siswi TPQ dan anggota KKN Tumpakkepuh 1.

Setelah sholat berjamaah selesai, anggota kelompok KKN maupun siswa-siswi yang hadir duduk melingkar di teras Masjid Nurul Huda, Tumpakkepuh. Dalam memimpin keberlangsungan acara ini, anggota KKN Tumpakkepuh 1 tidak memfokuskan acara pada dirinya saja melainkan kepada para partisipan TPQ yang hadir saat itu, dengan cara melibatkan semua yang hadir untuk membacakan diba’an. [KKN Tumpakkepuh 1/WFF]

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Tuesday, May 7, 2024