NGEPOH, TANGGUNGGUNUNG – Dalam rangka terlaksananya program kerja kuliah kerja nyata divisi kesehatan lingkungan mengadakan pelatihan praktik menanam hidroponik yang diikuti oleh siswa-siswi kelas 4 MIN 6 Tulungagung. Untuk lebih memudahkan terlaksananya kegiatan tersebut, divisi kesehatan lingkungan melakukan kolaborasi program kerja dengan divisi pendidikan dan teknologi.

Kegiatan praktik menanam hidroponik dimulai pada pagi hari pukul 07.00 yang bertempat di lapangan dusun Bolu, kegiatan diawali dari dikumpulkannya siswa-siswi kelas 4 MIN Tulungagung oleh beberapa peserta kuliah kerja nyata dari divisi kesehatan lingkungan serta pendidikan dan teknologi.

Kemudian siswa-siswi diarahkan menuju lapangan dusun Bolu dengan didampingi oleh beberapa peserta kuliah kerja nyata Ngepoh 2. Pada kegiatan ini terdapat beberapa pos yang dijaga oleh beberapa peserta kuliah kerja nyata dengan tujuan lebih memudahkan dalam pelaksanaan kegiatan.

Beberapa pos tersebut meliputi pos botol dan penulisan nama yang dimana pada pos ini siswa-siswi kelas 4 MIN 6 Tulungagung akan mendapatkan botol yang telah disiapkan oleh peserta kuliah kerja nyata kemudian botol tersebut akan ditulis nama tiap siswa-siswi kelas 4 MIN 6 Tulungagung.

Pos selanjutnya yaitu pos air yang tugasnya memberikan air pada botol yang telah diberikan kepada siswa-siswi MIN 6 Tulungagung, ada juga pos rockwool dan benih yang bertugas memberikan rockwool dan benih-benih pada siswa-siswi MIN 6 Tulungagung. Setelah semua selesai melakukan praktik, mereka akan diarahkan oleh peserta kuliah kerja nyata yang bertugas pada posko pengarahan ke pos, selanjutnya mereka akan diatur untuk melakukan foto bersama.

Sesi yang terakhir pada kegiatan ini yaitu, mereka akan diberikan snack oleh peserta kuliah kerja nyata yang bertugas menjaga pos pemberian snack. Kolaborasi program kerja praktik menanam hidroponik ini dilakukan dengan harapan mampu memberikan pengetahuan baru kepada siswa-siswi MIN 6 Tulungagung, serta agar mereka mampu membentuk karakter baru menjadi siswa-siswi yang lebih peduli terhadap lingkungan, baik lingkungan rumah maupun lingkungan sekolah.

Karena menjaga lingkungan merupakan satu hal penting yang memang harus ditanamkan sejak usia kecil agar nantinya mampu menjadi kebiasaan pada anak-anak untuk tetap memiliki kesadaran dalam menjaga keseimbangan lingkungan. Lingkungan juga merupakan tempat hidup dan berinteraksi baik manusia, hewan maupun tumbuhan sehingga sangat penting untuk dapat terus memiliki kesadaran untuk menjaganya.[KKN Ngepoh 2/FD]

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Monday, May 6, 2024