PANGGUL – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Revolusi Metal IAIN Tulungagung di Desa Ngrambingan menggelar kegiatan sosialisasi Indonesia tertib dengan tema “Tanpa NAPZA, Keluarga Sehat dan Harmoni”, Minggu (04/08/2019). Kegiatan ini dilatarbelakangi karena adanya penyalahgunaan narkoba dan psikotropika di kalangan pelajar.

Kegiatan ini diharapkan bisa memberikan pengetahuan yang lebih mengenai bahaya dan dampak NAPZA bagi pelajar di Desa Ngrambingan. Dalam kegiatan ini menghadirkan pemateri dari Polsek Panggul, di antaranya Iptu Budi Hartojo. Acara tersebut dihadiri dari peserta didik dari tingkat sekolah dasar dan menengah pertama. Para pelajar yang terdiri dari siswa SD dan SMP. Mereka sangat antusias dengan yang disampaikan pemateri.

Iptu Budi mengatakan peran keluarga sangat penting untuk upaya pencegahan dan untuk membentengi anaknya atau keluarganya dari perilaku penyalahgunaan NAPZA. Keluarga harus peka terhadap perubahan perilaku anggota keluarga. Kemudian ciri – ciri pecandu Narkoba salah satunya yaitu kerap mengalami perubahan suasana hati, kebanyakan pengguna narkoba disebabkan depresi karena suatu hal. Selain itu mereka bisa melakukan tindakan kriminal seperti memalak bahkan mencuri.

Langkah awal pencegahan penyalahgunaan NAPZA yaitu menjalin komunikasi sejak dini mengenai bahaya narkoba. Lalu, kenali pergaulan anak–anak. Misalnya teman – teman nongkrong dan teman sekolah. Kemudian, latar belakang keluarga teman.

Hal ini bukan bermaksud mengajarkan anak untuk sombong, tapi untuk selektif dalam bergaul itu penting, yang terpenting pencegahan awal yaitu menanamkan nilai – nilai agama sejak dini. Karena anak – anak dan remaja adalah harapan bangsa dan kebiasaan baik dimulai dari lingkungan keluarga.

Antusias peserta dari undangan yang hadir dari beberapa siswa – siswi SD dan SMP luar biasa, karena terbukti dari ramainya antrian yang memadati tempat penandatanganan peserta hadir. Diselingi adanya canda tawa saat antrian berlangsung, sehingga tidak jenuh saat menunggu antrian giliran tanda tangan.

Dari kegiatan sosialisasi NAPZA ini dapat diambil kesimpulan bahwa Narkoba dan Psikotropika merupakan zat yang berbahaya dan dapat menyebabkan ketergantungan, Narkotika hanya boleh digunakan dalam dunia kesehatan dalam pengawasan dokter.

Selain itu bisa diketahui bahwa banyak dampak buruk akibat penyalahgunaan narkoba yaitu kematian. Maka dari itu untuk menghindari NAPZA kita harus hidup sehat dari narkoba dan jangan sekali kali kita mendekati Narkoba. (*)

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Monday, May 13, 2024