TANGGUNG, CAMPURDARAT – Salam sejahtera bagi kita semua, Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Tanggung, Kecamatan Campurdarat, Kabupaten Tulungagung. Kuliah Kerja Nyata yang dilakukan di Desa Tanggung Berbasis Reguler Mulitisektoral yang diselenggarakan pada tahun 2022 ini. Pembukaan Kuliah Kerja Nyata itu (KKN) dilaksanakan pada hari Rabu, 09 Februari 2022 pukul 09.00 WIB bertempat di balai desa Tanggung berjalan secara kondusif. Kegiatan pembukaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di desa Tanggung dihadiri oleh berbagai kalangan masyarakat seperti perangkat desa setempat meliputi kepala desa, PLT sekdes, kaur desa, kasi desa, kepala dusun, staf desa, tokoh agama, tokoh masyarakat dan polsek setempat.

Petugas pembukaan KKN dari mahasiswa dan diikuti oleh para hadirin dengan khidmat. Acara dimulai dengan membaca umul kitab, kemudian dilanjutkan dengan lantunan ayat suci Al-Quran. Acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia yakni “Indonesia Raya” dengan penuh semangat. Selanjutnya dilanjutkan dengan penyampaian sambutan-sambutan.

Sambutan yang pertama disampaikan oleh Muhammad Zainulloh ‘Arif selaku ketua KKN Desa Tanggung 2022, dia menyampaikan beberapa patah kata yang berisikan ucapan terima kasih dan mohon dukungan kepada masyarakat Desa Tanggung dalam menyukseskan kegiatan KKN.

Sambutan kedua dilanjutkan disampaikan oleh Bapak Dr. Adi Wijayanto, S.Or., S.Kom., M.Pd., AIFO selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN Desa Tanggung, beliau menyampaikan “mahasiswa harus biasa berpikir kritis dan kreatif dalam menghadapi masalah dimasyarakat serta menjaga sopan santun dalam melakukan kegiatan dimasyarakat setempat” ucapan beliau menjadi semangat bagi mahasiswa KKN untuk berkarya kedepannya dan berperilaku sesuai norma yang ada, selain itu Bapak Adi selaku DPL memasrahkan mahasiswa kepada masyarakat setempat.

Selanjutnya sambutan ketiga disampaikan oleh Bapak Agus selaku utusan BABIKAMTIBMAS dari Polsek Campurdarat, beliau menyampaikan “kami dari pihak kepolisian menginformasikan bahwa Desa Tanggung dalam keadaaan aman dan kami dari kepolisian juga mengapresiasi serta mendukung mahasiswa KKN untuk terus berkarya, teruslah belajar tidak ada kata terlambat untuk belajar” ujar beliau. Sambutan beliau membuat mahasiwa KKN merasa nyaman dengan keamaan yang terjaga dalam melakukan kegiatan kedepannya.

Selanjutnya sambutan terakhir disampaikan oleh Bapak Suyahman selaku Kepala Desa Tanggung, beliau menyampaikan bahwa “masyarakat setempat menerima dengan baik dan mengucapkan terima kasih kepada UIN SATU Tulungagung atas kepercayaannya terhadap Desa Tanggung sebagai tempat kegiatan KKN” sambutan beliau sekaligus membuka kegiatan KKN dengan mengucap “Basmallah” dan pemotongan tumpeng KKN Desa Tanggung Resmi di buka. Acara selanjutnya yakni penutup sekalikus doa yang dipimpin Bapak Mujiran selaku kasi pelayanan Desa Tanggung diikuti oleh para hadirin dengan khidmat. Alhamdulillah acara pembukaan KKN Desa Tanggung berjalan dengan lancar dan dilanjut dengan sesi foto bersama. Acara selesai kurang lebih pukul 12.00 WIB dan kemudian dilanjutkan dengan evaluasi kegiatan oleh mahasiswa KKN Desa Tanggung.

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Monday, Apr 29, 2024