BAGO, TULUNGAGUNG – Salah satu divisi dari kegiatan kuliah kerja nyata (KKN) UIN SATU Tulungagung yaitu divisi berdesa bertugas melaksanakan kegiatan rutin yang dilaksanakan di kelurahan Bago yakni membantu kegiatan Posyandu setempat. Kegiatan di Posyandu ini diikuti oleh beberapa mahasiswa KKN dari divisi berdesa yang dijadwalkan untuk bertugas hari ini diantaranya Silvia Nova Audina, Putri Sulistyowati, Dadang Heru Jatmiko, dan juga diwakili oleh salah satu mahasiswa KKN dari divisi dokumentasi yaitu Nila Andarista.

Pelaksanaan kegiatan membantu Posyandu ini dilakukan pada hari Rabu, 9 Februari 2022 yang bertempat di Posyandu Balita III RT.02 RW.02 LK III, kelurahan Bago, Tulungagung. Tujuan utama dari kegiatan ini yaitu untuk membantu mewujudkan dan merealisasikan program-program pemerintah yang berkaitan dengan kesehatan para balita dan juga memperhatikan kecukupan gizi serta pertumbuhan sehingga terjadinya stunting atau kurang gizi kronis pada balita dapat dicegah.

Hari ini, untuk kegiatan yang dilakukan di Posyandu ada 2 yaitu timbangan dan pembagian vitamin A bagi balita. Penimbangan balita yang rutin dilakukan di Posyandu bertujuan agar mengetahui lebih dini atau mendeteksi apakah bayi sehat atau ada gejala sakit tertentu sehingga dapat dicegah sebelumnya, memeriksa kelengkapan imunisasi serta nantiya mendapatkan penyuluhan gizi. Sementara pemberian vitamin A di Posyandu dilakukan untuk mencegah balita kekurangan vitamin A dan dapat menurunkan resiko balita terkena berbagai macam penyakit infeksi sehingga sangat penting bagi balita untuk memenuhi vitamin A. Kegiatan berjalan dengan lancar, masyarakat setempat dengan senang hati memberikan dukungan yang positif atas kegiatan yang dilaksanakan. Tentunya ditengah kondisi pandemi Covid-19 ini para masyarakat dan juga mahasiswa peserta KKN dengan tertib menjalankan kegiatan sesuai dengan protokol kesehatan. Pelaksanaan kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pengalaman baru bagi mahasiswa untuk terjun langsung dan berpartisipasi memberikan pelayananan kepada masyarakat luas. Kami para mahasiswa juga berharap untuk kedepannya dapat menggerakkan dan mengembangkan kegiatan lain bersama partisipasi aktif dari warga setempat sesuai dengan kebutuhan masyarakat kelurahan Bago.

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Sunday, Apr 28, 2024