PANGGUL – Kreativitas terus dikembangkan mahasiswa KKN Revolusi Mental IAIN Tulungagung. Di Desa Besuki mahasiswa mengadakan pelatihan pengolahan ubi jalar dan singkong. Langkah ini termasuk dari program kerja KKN Revolusi Mental yang ketiga.

Acara ini dihadiri langsung oleh Ibu kepala Desa Besuki yang mana juga berantusias mendampingi, mengarahkan bagaimana cara mengolah produk dengan baik.

Katinah sebagai narasumber sekaligus pemilik rumah yang ditempati untuk acara pelatihan ini pun banyak memberikan penjelasan. Dari paparannya, bahan ubi jalar dan singkong oleh Ibu Katonah dibuat varian rasa dan bentuk.

Dari ubi jalar dibuat menjadi 2 bentuk dan 2 rasa yaitu bentuk kripik dan onde-onde. Kripik sendiri dijadikan 2 rasa yaitu rasa sambal balado dan manis. Sedangkan dari ubi jalar dijadikan 2 varian bentuk yaitu kripik dan stick.

Ketika proses pembuatan produk, peserta pelatihan juga ikut serta dalam pembuatan produk tersebut. Kamipun juga membantu menggoreng dan juga membantu berdasarkan tahap-tahap pembuatan produk. Selepas acara, kami membagikan satu persatu produk kepada peserta pelatihan. (*)

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Thursday, Apr 25, 2024