Bumirejo – Saluran air atau yang biasa disebut dengan selokan merupakan salah satu jalur air yang  harus dimiliki oleh setiap rumah. Hal ini  merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk mencegah banjir saat memasuki musim penghujan seperti saat ini.

Untuk mengatasi adanya hal tersebut warga dusun Bangunrejo melakukan gotong royong membuat  saluran air  untuk mengantisipasi terjadinyaa banjir, Kegiatan ini dilakukan  pada hari  Kamis, 16 Januari 2020. Kegiatan tersebut dikuti kurang lebih 30 warga dan dibantu oleh beberapa mahasiswa KKN IAIN Tulunggagung.


Warga Bangurejo bahu membahu membuat saluran air untuk memperlancar jalannya air dan meminimalisir terjadinya banjir yang disebabkan oleh penyumbatan, Kamis pagi, 16 Januari 2020

Mbah Alip salah satu warga dusun Bangunrejo menyatakan bahwa kegiatan tersebut dilakukan sebagai salah satu  upaya untuk mengantisipasi terjadinya banjir saat memasukin musim hujan. Melihat dari pengalaman kemarin bahwasanya setiap terjadi musim hujan air tidak mengalir sampai sungai karena belum adanya selokan yang menggilir air ke sungai, “Setiap musim hujan airnya tidak mengalir, maka dari itu adanya Kegiatan ini dilakukan untuk antisipasi terjadinya banjir di wilayah dusun Bangunrejo ini.” ujar mbah Alip.

Adanya Kegiatan ini diharapkan dapat memperlancar jalannya air menuju sungai dan juga diharapkan dapat meminimalisir terjadinya banjir di wilayah tersebut. “Kegiatan ini selain untuk memperlancar saluran air juga sebagai tempat perkenalan antara warga dengan Mahasiswa yang sedang melakukan KKN di Desa Bumirejo.” Ujar salah satu warga. (Yustika Posko Bumirejo 1)

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Saturday, May 4, 2024