LOREJO, BAKUNG – Divisi sosial budaya dan agama memulai kegiatan mereka dalam mengajar mengaji. Mahasiswa yang menjadi perwakilan dalam mengajar adalah para anggota divisi tersebut. TPQ dimulai pada sore hari sekitar jam 15.30, para mahasiswa yang hadir kemudian menyambut anak-anak yang baru datang. Sekitar jam 16.00 kegiatan mengaji pun dimulai dengan membaca doa dan dilanjut mengajar membaca Al-Qur’an.

Para anak dibagi menjadi dua antara laki-laki dan perempuan yang kemudian mereka berbaris untuk mengantri giliran membaca. Anak-anak sangat tertib dan antusias ketika yang mengajar mengaji mulai hari itu adalah kakak-kakak KKN dari UIN SATU Tulungagung. Sehabis kegiatan membaca anak-anak diajari menulis beberapa kata dalam bahasa arab beserta artinya. Terakhir kegiatan yang dilakukan adalah dengan memberikan tebak – tebakan kepada anak-anak mengenai kata-kata dalam bahasa Arab yang telah di ajarkan sebelumnya.

Anak-anak sangat antusias dan berusaha saling mendahului untuk menebak. Kemudian kegiatan ditutup dengan doa bersama dan salaman pulang. Divisi sosial budaya dan agama berharap dengan beberapa kegiatan mengaji yang mereka lakukan bisa menambah rasa antusias anak-anak untuk mengaji di TPQ tersebut. Divisi pendidikan dan teknologi juga mulai menjalankan program kerja mereka yang pertama yaitu mengajar di TK Muslim Pancasila.

Di TK tersebut terdapat TK A, TK B, dan juga PAUD. Mahasiswa telah dijadwalkan untuk mengajar sehingga semuanya sudah terbagi rata antara tenaga pengajar yang berasal dari mahasiswa KKN dan kelas yang tersedia. Jadi, untuk mekanisme mengajar adalah yang mana setiap hari akan ada 6 orang bertugas yang akan dibagi ke dalam 3 kelas. Sehingga tiap kelasnya akan diisi oleh 2 orang.

Divisi komunikasi dan publikasi tetap sama seperti tugasnya di awal untuk mengabadikan setiap kegiatan yang sedang dilakukan oleh divisi lain. Selain itu, divisi ini juga terus melakukan pengeditan guna diupload pada akun instagram kelompok KKN Lorejo 01. Hasil dari divisi ini juga tidak jauh dari foto serta video – video gabungan yang selanjutnya dapat disaksikan di feed Instagram kelompok KKN Lorejo 01.

Sedangkan untuk divisi ekonomi serta divisi kesehatan dan lingkungan pada tanggal 25 Januari ini tidak ada kegiatan sama sekali. Namun, karena itu bukan berarti anggota divisi ini menganggur karena mereka juga mendapat giliran atau jadwal untuk mengajar baik di SD ataupun TK. Sama seperti anggota divisi lainnya. [KKN Lorejo 1/WFF]

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Sunday, Apr 28, 2024