WONOTIRTO, BLITAR – Setelah beberapa waktu, kami dari tim KKN Wonotirto 1 tiba di lokasi. Kami membuat program kerja dan melaksanakannya dengan divisi masing masing. Salah satu program kerja yang dilakukan oleh divisi kesehatan dan lingkungan hidup yaitu bagi-bagi gizi kepada anak-anak SD di desa Wonotirto seperti memberikan susu, hal ini dilatarbelakangi karena banyak anak-anak yang mengalami stunting yang diakibatkan karena kurang gizi.

Pada tanggal 7-9 Februari 2023 kami juga melakukan sosialisasi mengenai cara cuci tangan yang baik dan benar, serta menjelaskan betapa pentingnya cuci tangan sebelum atau sesudah melakukan sesuatu di beberapa sekolah dasar yaitu SDN Wonotirto 1, SDN Wonotirto 3, dan SDN Wonotirto 5. Kegiatan ini sangat perlu untuk dilakukan karena telah terbukti efektif untuk mencegah penyebaran penyakit dan juga pengendalian infeksi.

Susu yang kami bagikan adalah susu Ultra milk yang dikenal memiliki kandungan gizi paling tinggi daripada susu UHT yang lain. Ultra milk sendiri memiliki kandungan gizi berupa Energi total 190 kkal, energi dari lemak 45 kkal, AKG: Lemak total 5g, lemak jenuh 3g, kolesterol 10mg, protein 8g, karbohidrat total 28g, gula 17g, natrium 55mg, kalium 400mg. Dilihat dari banyaknya kandungan gizi yang terkandung dalam satu porsi susu Ultra milk tersebut, kami rasa sangat bagus untuk pertumbuhan anak-anak SD di desa Wonotirto.

Sosialisasi cuci tangan yang baik dan benar kami rasa sangat dibutuhkan untuk anak-anak SD terutama di wilayah kerja kami. Karena mengingat jajan sembarangan sering dilakukan oleh anak-anak SD. Terkadang mereka lupa bahwasanya tangan yang bersih belum tentu terbebas dari kuman. Oleh karena itu, kami melakukan sosialisasi cuci tangan yang baik dan benar. Karena merupakan suatu hal yang paling sederhana dan sangat penting untuk dapat kita lakukan sebagai pencegahan penularan infeksi/penyakit.

Dalam kegiatan ini kami tim KKN terutama dari divisi kesehatan dan lingkungan hidup melakukan kegiatan yang dimulai dengan senam pagi yang cukup penting untuk kesehatan anak-anak SD. Setelah melakukan senam pagi, acara dilanjutkan dengan melaksanakan rencana program kerja yang telah kami rencanakan, setelah itu dilanjut dengan sesi foto bersama. Kami berharap apa yang kami berikan dapat bermanfaat dan dapat dipraktikkan setiap saat oleh anak-anak SD desa Wonotirto.[KKN Wonotirto 1//BILA]

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Sunday, May 5, 2024