TANGGUNGGUNUNG, TULUNGAGUNG – Dari pengamatan yang dilakukan di salah satu sekolah, kami menemukan beberapa budaya yang belum di kembangkan,padahal mengenalkan budaya kepada anak-anak kecil itu penting supaya mereka tahu banyak budaya-budaya yang berada di Indonesia, salah satunya yaitu menari.

Dari hal tersebut , kami divisi sosial, budaya, dan keagamaan merancang program kerja pelatihan menari  baik tari tradisional maupun modern dan mengenalkan budaya-budaya yang ada di Indonesia yang bertujuan agar para siswa bisa menunjukkan bakat mereka di hadapan orang banyak bahwa mereka bisa dan mereka mengenal budaya-budaya yang ada di indonesia khususnya di daerah Jawa sendiri.

Pelatihan  bertempat di SD 1 Pakisrejo, pelatihan ini biasanya di lakukan pada hari Senin, Rabu, dan Jumat, dari pukul 10.00 hingga pukul 12.00 WIB. sasaran dari pelatihan ini yaitu kelas 3,4, dan 5. Dari pelatihan ini anak-anak bisa tampil jika ada lomba-lomba pentas seni, acara perpisahan maupun acara lainnya. Dengan adanya pelatihan ini siswa yang mulanya tidak bisa menari menjadi bisa menari dan meningkatkan kepercayaan diri siswa.

Pada pertemuan pertama kita mengenalkan dulu budaya-budaya yang ada di Indonesia, lalu mengajarkan salah satu tarian khas Jawa Barat dan Bali yaitu tarian Tokecang dan tarian Saman. Dilanjut pada pertemuan berikutnya kita mempelajari satu persatu gerakan sampai gerakan yang terakhir. Pada pertemuan terakhir kita melancarkan lagi gerakan demi gerakan supaya saat pentas seni siswa-siswa sudah hafal dan menguasai gerakan serta lagu yang di bawakan.

Di harapkan dengan berjalannya program ini, siswa-siswa menjadi paham dan mengenal budaya yang ada di Indonesia yang khususnya di Daerah Jawa Sendiri. Suapaya mereka tahu bahwa di Indonesia ini ada beragam banyak budaya, dan meskipun berbeda-beda kita tetap satu jua dalam satu semboyan yaitu Bhineka Tunggal Ika. [KKN TANGGUNGGUNUNG/FD]

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Friday, May 10, 2024