NGEPOH, TANGGUNGGUNUNG – Dalam upaya mensukseskan program kerja KKN di desa Ngepoh, beberapa divisi terutama divisi pendidikan dan teknologi sering melakukan hubungan komunikasi dengan pihak sekolah-sekolah terutama sekolah yang ada di desa Bolu yaitu MIN 6 Tulungagung. Sebelum adanya kegiatan ini, pihak peserta KKN Ngepoh 2 telah melakukan program kerja yang melibatkan siswa-siswi dari MIN 6 Tulungagung yaitu pada program kerja praktik menanam hidroponik.

Setelah diadakannya kegiatan tersebut, pihak sekolah meminta bantuan kepada peserta KKN untuk membantu para guru di MIN 6 Tulungagung untuk melatih siswa-siswinya dalam kegiatan kepramukaan. Peserta KKN Ngepoh 2 menyetujui permintaan dari pihak MIN 6 Tulungagung, pihak sekolah meminta kegiatan kepramukaan dilakukan setiap hari sabtu yang dimulai sejak pukul 08.00-10.30 WIB.

Kegiatan kepramukaan mulai dilakukan pada sabtu tanggal 04 Februari 2023, dalam kegiatan ini para peserta KKN memang sebelumnya telah dilakukan pengarahaan dikarenakan pihak sekolah meminta KKN Ngepoh 2 untuk melatih pramuka mulai dari kelas 1 hingga kelas 6. Untuk memudahkan dalam melatih kepramukaan, peserta KKN Ngepoh 2 dibagi menjadi 2 tim yang masing-masing berisi kurang lebih 16 orang.

Kelompok 1 bertanggungjawab melatih pramuka siaga yang berisi siswa-siswi kelas 1-3 sedangkan kelompok 2 bertanggungjawab melatih pramuka penggalang yang berisi siswa-siswi kelas 4-6. Kegiatan pramuka siaga dilakukan di halaman sekolah, siswa-siswi kelas 1 sampai 3 berbaris di halaman yang kemudian akan dibagi kelompok menjadi 8 kelompok putra dan 8 kelompok putri.

Masing-masing peserta KKN Ngepoh 2 bertanggungjawab untuk memegang 1 kelompok. Dikarenakan kegiatan kepramukaan di MIN 6 Tulungagung adalah kegiatan perdana maka pada pertemuan perdana ini para peserta KKN Ngepoh 2 hanya memberikan pengenalan berupa pembuatan nama regu, pemilihan ketua dan wakil ketua regu serta pembuatan yel-yel regu agar dapat menambah semangat siswa-siswi dalam belajar tentang kepramukaan.

Beberapa peserta KKN Ngepoh 2 sendiri juga mengungkapkan bahwa kegiatan pelatihan pramuka ini sangatlah seru, terlebih lagi melihat semangat siswa-siswi MIN 6 Tulungagung yang begitu antusias mengikuti kegiatan pelatihan kepramukaan bersama dengan kakak-kakak KKN Ngepoh 2. [KKN Ngepoh 2/WFF]

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Thursday, May 2, 2024