NYAWANGAN, SENDANG – Dalam upaya memperingati Isra Mikraj di Desa Nyawangan tepatnya di Dusun Puthuk divisi sosial budaya dan agama KKN UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, melaksanakan kegiatan lomba-lomba. Dengan izin dan dukungan masyarakat sekitar salah satu dari progam kerja divisi sosial budaya dan agama adalah meningkatkan rasa ketakwaan dan keimanan kepada Allah SWT untuk selalu mengingat perjalanan nabi Muhammad SAW dan melestarikan tradisi yang berada di Desa Nyawangan.

Melihat antusias dari santri TPQ akan tetapi masyarakat sekitar belum bisa mewadahi antusias dari santri TPQ tersebut. Dengan ini, divisi sosial budaya dan agama memberikan suatu wadah untuk menjembatani antusias santri TPQ dalam memperingati Isra Mikraj. Metode yang digunakan yaitu dengan cara membuat lomba-lomba yang bertepatan pada Rabu tanggal 15 Februari 2023 berlokasi di SDN Nyawangan 3 dan dilaksanakan pada siang hari.

Salah satu santri mengatakan bahwa lombanya sangat asyik, dan bermacam-macam, hadiahnya juga menarik. Lomba tersebut dibantu oleh semua peserta KKN Nyawangan 3 terutama divisi sosial budaya dan agama. Lomba tersebut diadakan pada siang hari, karena melihat kesibukan santri santri TPQ yang di mana pagi hari masih melaksanakan kegiatan sekolah. Kegiatan lomba tersebut dilaksanakan mulai pukul 13.00 – 16.30 WIB yang diikuti oleh berbagai santri TPQ yang ada di Dusun Puthuk.

Dalam lomba tersebut teman-teman KKN menjelaskan berbagai lomba yang ada, meliputi; lomba Adzan, lomba Hafalan Surah, Mewarnai Kaligrafi, Lato-lato, Estafet Karet. Divisi sosial budaya dan agama memilih lomba-lomba tersebut karena melihat santri TPQ yang memiliki potensi yang perlu disalurkan melalui lomba tersebut.

Kegiatan lomba tersebut telah berakhir pada pukul 16.30 WIB. Santri TPQ senang bisa menyalurkan bakat yang terpendam semoga dengan terlaksananya lomba bisa memotivasi para santri TPQ untuk selalu bersemangat dalam kegiatan apapun dan juga dari perserta KKN Nyawangan 3 tahun 2023 berharap peringatan tersebut tidak stagnan sampai disini saja dikarenakan santri TPQ adalah penerus para ulama yang bisa bermanfaat bagi agama dan masyarakat. [ KKN 3 Nyawangan/FD]

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Friday, Jul 19, 2024