PAKISREJO, TANGGUNGGUNUNG – Sebagai upaya meningkatkan kemampuan anak-anak dalam membaca Al-Quran di Desa Pakisrejo, divisi sosial budaya dan keagamaan KKN UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung mengadakan pembelajaran Tahsin Makharijul Huruf di beberapa TPQ Desa Pakisrejo. Pembelajaran tersebut bertujuan untuk membenahi makharijul huruf dan membiasakan pelafalan bacaan Al-Quran dengan baik dan benar sejak dini.

Anak-anak TPQ di Desa Pakisrejo dalam melafalkan Al-Quran dan makhrajnya masih kurang lancar dan kurang tepat. Melihat permasalahan tersebut, mahasiswa KKN mencoba menerapkan pembelajaran Tahsin Makharijul Huruf dengan penyampaian yang menarik dan menyenangkan, sehingga anak-anak tidak merasa bosan dalam belajar Al-Quran.

“Saya berharap dengan adanya teman-teman KKN di sini dapat membangkitkan minat mengaji anak-anak dan membuat mereka paham mengaji dengan baik, berbagilah ilmu yang sudah kalian miliki di sini, gunakan waktu 1 bulan ini dengan baik,” ucap salah satu sesepuh Desa Pakisrejo

“Apabila kalian belum bisa memberikan peninggalan berupa barang secara material di desa ini, tapi setidaknya kalian bisa memberikan pengetahuan yang bisa diamalkan dan dimanfaatkan untuk warga masyarakat setempat yang nantinya akan membuat kalian dikenang baik di Desa Pakisrejo ini,” sambung Bapak Hasyim selaku Kiai di Desa Pakisrejo.

Akhirnya, kegiatan telah terselesaikan dengan baik dan penggunaan pembelajaran Tahsin Makharijul Huruf sangat diapresiasi oleh masyarakat setempat, khususnya pengasuh TPQ. Pengasuh TPQ merasa terbantu dengan adanya pembelajaran ini, karena dengan menerapkan metode ini anak-anak menjadi mengerti, paham, dan lancar dalam melafalkan Al-Quran. Pembelajaran Tahsin Makharijul Huruf ini menjadi terobosan dan inisiatif baru yang bisa diterapkan secara berkelanjutan. [KKN Pakisrejo/NV]

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Friday, Jul 19, 2024