PAKISREJO, TANGGUNGGUNUNG – Berdasarkan peninjauan langsung yang telah kami lakukan di beberapa sekolah desa Pakisejo, kami menemukan pembelajaran di sekolah yang kurang efektif dan belum maksimal. Melihat hal tersebut, divisi pendidikan dan teknologi KKN UIN SATU dengan dukungan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) merancang program kerja bimbingan belajar untuk siswa-siswi disemua jenjang pendidikan.

Salah satu tujuan dari program kerja tersebut adalah untuk membantu mengatasi kesulitan belajar dan menambah pengetahuan siswa-siswi di desa Pakisrejo guna meningkatkan SDM yang lebih unggul. Sebenarnya, banyak potensi yang dimiliki siswa-siswi di desa Pakisrejo. Namun, kurang adanya pendorong dan fasilitas belajar yang memadai sehingga menyebabkan anak didik kurang berkembang secara maksimal.

Maka dari itu kami menyediakan fasilitas bimbingan belajar dan bekerja sama dengan lembaga pendidikan sekitar posko tempat kami tinggal selama KKN berlangsung.“Saya sangat bersyukur dengan adanya program bimbingan belajar yang adek-adek laksanakan, semoga dapat membantu menambah pengetahuan siswa-siswi dan mengurangi kesulitan belajar di desa kami, serta dapat menjadikan mereka lebih unggul lagi dalam bidang akademik maupun non akademik” kata bu Sus dari desa Pakisrejo.

Beliau juga sering membantu memebersihkan tempat untuk pelaksanaan bimbingan belajar yang kami tempati yakni di PAUD CERIA yang berada tepat di sebrang rumah beliau. “Program kerja bimbingan belajar  itu menurut saya sangat bermanfaat dan baik jika dilakukan, sebenarnya SDM di daerah ini memiliki potensi yang bagus, namun kurang adanya seseorang yang memprakarsai. Maka dari itu, saya harap kalian bisa menjembatani mereka dengan baik. Dan dengan diangkatnya program kerja ini saya berharap semua anggota divisi bisa saling support satu sama lain, supaya program kerja ini dapat berhasil dan bermanfaat ke depannya”. Ucap Bapak Ahmad Fauzan, S.S, M.Pd. I. (Dosen Pembimbing Lapangan).

Kegiatan Bimbingan Belajar ini berlangsung setiap hari yang dilakukan setelah maghrib kecuali hari sabtu dan tanggal merah. Dalam kegiatan ini kami membantu siswa-siswi tersebut dalam menyelesaikan pekerjaan rumah (PR) dan belajar pelajaran yang akan dilaksanakan di esok hari. Walaupun pelaksanaannya dilakukan pada malam hari namun mereka tetap semangat dan antusias dalam mengikuti bimbingan belajar tersebut.

Mereka merasa sangat terbantu dengan adanya bimbingan belajar yang kami adakan ini dikarenakan sebelumnya mereka belum pernah mengikuti dan belum pernah ada bimbingan belajar di desa Pakisrejo ini. Dengan antusias siswa-siswi yang sangat semangat, kami pun semakin semangat dalam memberikan bimbingan belajar terhadap para siswa/siswi desa Pakisrejo.

Akhirnya proses demi proses sudah terselesaikan dan dapat dilalui dengan lancar dan membuahkan hasil yang baik. Kenapa dikatakan hasil yang baik? Karena siswa-siswi merasa senang telah dibantu dalam menyelesaikan tugas mereka. Semoga Bimbingan belajar ini dapat meningkatkan mutu dan kualitas belajar siswa. [KKN Pakisrejo 1/WFF]

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Saturday, May 4, 2024