PASIRAMAN, WONOTIRTO – Dokter dari Dinas Peternakan mengadakan kunjungan di Dusun Krajan dan Dusun Puringan pada Rabu, 1 Februari 2023. Dalam rangka mencegah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Desa Pasiraman Kecamatan Wonotirto akan diadakan vaksinasi gratis pada ternak warga yang meliputi sapi, kambing, dan domba. Kegiatan vaksinasi ini dimulai pukul 09.00-12.00 WIB yang dilaksanakan oleh mantri dari Dinas Peternakan Kabupaten Blitar bersama Bapak Erik selaku Kamituwo Dusun Puringan dan Bapak Endi Dusun Krajan.

Mahasiswa KKN UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung Desa Pasiraman 2 dari divisi kesehatan dan lingkungan hidup berkesempatan mendampingi proses vaksinasi ke rumah warga. Pelaksanaan vaksinasi ini dibagi menjadi dua kelompok dengan beranggotakan enam orang untuk mendampingi vaksinasi di Dusun Puringan dan Dusun Krajan tersebut.

Mahasiswa yang bertugas mendampingi kegiatan vaksinasi bekumpul di Balai Desa Pasiraman untuk berkoordinasi dengan Dinas Peternakan.

“Jangan terlalu dekat dengan hewan ternak ya, agar hewan ternak tidak merasa takut dan menjadi agresif,” pesan mantri Dinas Peternakan Kabupaten Blitar.

Setelah berkoordinasi, masing-masing kelompok bersama mantri segera menuju rumah warga yang memiliki hewan ternak dengan dipandu oleh kamituwo.

Dalam kegiatan vaksinasi ini, pemilik ternak bebas untuk setuju atau tidak setuju mengikuti vaksinasi. Bagi warga yang setuju mereka hanya di minta menunjukkan KTP sebagai data diri pemilik hewan ternak yang sudah di vaksin. Selain vaksinasi, Dinas Peternakan juga memberikan suntik vitamin gratis kepada hewan ternak milik warga yang tidak setuju untuk di vaksin. Sementara itu, hewan ternak yang sedang hamil atau beranak tidak di vaksinasi.

Pelaksanaan vaksinasi ini bertujuan untuk mencegah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang sedang marak menyerang hewan ternak, bahkan dapat menyebabkan kematian hewan ternak. Vaksinasi ini juga sebagai syarat hewan ternak dapat masuk pasar hewan. Vaksinasi PMK merupakan program nasional yang ditujukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh hewan terhadap PMK. Diharapkan hewan ternak yang divaksin akan memperoleh kekebalan, terhindar dari penyakit, dan mencegah penularan dari hewan ke hewan. 

Meski pemerintah melalui Kementerian Pertanian telah memastikan bahwa vaksin PMK aman bagi hewan ternak dan tidak menimbulkan efek samping yang signifikan, tetapi masih ada beberapa pemilik hewan ternak yang takut untuk melakukan vaksinasi. Dengan dilakukannya vaksinasi ini diharap tingkat kematian hewan ternak di Desa Pasiraman akibat PMK semakin berkurang, mengingat sudah banyak kasus kematian hewan ternak akibat PMK. [KKN Pasiraman 2/NV]

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Friday, Jul 19, 2024