PANGGUNGKALAK, PUCANGLABAN – KKN Kelompok 1 Desa Panggungkalak meminta persetujuan untuk membantu administrasi desa dengan cara mengoptimalisasi microsoft word dan excel di balai desa, teman-teman yang terjun ke balai desa merupakan seluruh divisi ekonomi dari KKN Panggungkalak 1 serta salah seorang anggota divisi media publikasi untuk mengabadikan momen perbincangan dengan perangkat desa dan kepala desa Panggungkalak menyetujui kami untuk melaksanakan program kerja tersebut.

Setelah adanya persetujuan dari kepala desa, teman-teman divisi ekonomi sekitar pukul 08.00 menuju ke balai desa guna melaksanakan proker optimalisasi microsoft word dan excel agar dapat memudahkan perangkat desa bagian kasi pemerintahan dalam melakukan input data yang mana masih menggunakan metode manual.

Pada saat itu teman-teman dari divisi ekonomi diarahkan oleh sekertaris desa, namun pada hari tersebut ada anggota dari divisi ekonomi yang pulang karena mempunyai urusan serta pada hari tersebut teman-teman divisi ekonomi mengalami hambatan untuk melakukan program kerja tersebut antara lain tidak hadirnya perangkat desa dari kasi pemerintahan, kemudian hari selanjutnya kasi pemerintahan hadir namun ternyata komputer yang digunakan rusak.

Setelah tim divisi ekonomi melakukan evaluasi terkait program kerja tersebut, tim divisi ekonomi memutuskan untuk menanyakan pada perangkat desa apakah program tersebut dapat dilaksanan atau tidak. Keesokan harinya dengan arahan dari sekertaris desa, tim divisi ekonomi diarahkan untuk membantu pengarsipan desa karena perangkat desa bagian kasi pemerintahan tidak hadir pada hari tersebut.

Sehingga kami memutuskan untuk kembali ke balai desa keesokan harinya untuk melaksanakan program kerja tersebut. Lalu esoknya salah satu tim divisi ekonomi mengalami sakit yang kemudian mengharuskannya untuk dirawat di klinik, setelah dirasa kondisinya cukup parah dia kemudian di pulangkan ke rumahnya. Di hari berikutnya, tim divisi ekonomi banyak yang bertugas mengajar di sekolah dasar sehingga tim memutuskan untuk menunda program kerja tersebut pada hari Senin.

Di hari Senin, tim divisi ekonomi menuju balai desa untuk melaksanakan program kerja karena perangkat desa kasi pemerintahan hadir serta komputernya bisa digunakan, sehingga kami langsung melakukan optimalisasi microsoft word dan excel kepada kasi pemerintahan dengan memperkenalkan sistem mail merge kepada beliau dengan begitu program kerja di balai desa Panggungkalak terlaksana dan berakhir dengan baik. [KKN PANGGUNGKALAK 1/WFF]

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Sunday, Apr 28, 2024