PAKISREJO, TANGGUNGGUNUNG – Mahasiswa KKN Universitas Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Desa Pakisrejo mengadakan Sosialisasi E-Commerce produk UMKM di balai Desa Pakisrejo, pada hari Jumat tanggal 10 Februari 2023. Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan pegiat ekonomi skala kecil dan menengah yang melakukan produksi barang atau jasa dan akan diperjual belikan secara komersial. Divisi Ekonomi telah melakukan observasi dan menemukan berbagai potensi UMKM yang menjanjikan diantaranya yaitu keripik usus, keripik jamur, keripik pare, minuman dari sari tebu, rempeyek, dan juga usaha pakaian.

Pemasaran produk UMKM desa Pakisrejo masih dilakukan secara offline berdasarkan permintaan atau pesanan. Padahal, di era revolusi industri 4.0 ini segala hal akan selalu berhubungan dengan teknologi, sehingga perlu disosialisasikan perlunya integrasi teknologi, komunikasi, dan informasi dengan bisnis kepada pelaku UMKM. Sosialisasi ini juga sebagai upaya untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada masyarakat khususnya pelaku UMKM mengenai metode pemasaran elektronik di Desa Pakisrejo.

Dalam pelaksanaan sosialisasi yang dihadiri oleh 20 peserta ini, Divisi Ekonomi KKN Desa Pakisrejo juga mendatangkan ahli yang merupakan Ketua Kompartemen Industri Pariwisata, HIPMI Tulungagung yaitu Nur Lailatul Husna sebagai pemateri. Dengan adanya sosialisasi ini dapat menumbuhkan jiwa enterpreneur dan agar masyarakat dapat menangkap peluang usaha baru di era revolusi industri 4.0.

Hasil kegiatan menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman dan pengetahuan terkait pentingnya pemanfaatan e-commerce, peserta juga dapat mengetahui tata cara penggunaan e-commerce dan telah dibantu untuk memiliki market place, serta dapat menambah pengetahuan tentang ide-ide Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Selain itu, dapat meningkatkan rating toko UMKM di salah satu market place seperti toko makanan di aplikasi Shopee, sehingga tidak hanya meningkatkan pendapatan pelaku UMKM, namun juga dapat meningkatkan penghasilan masyarakat. Setelah penyampaian materi, dibuka beberapa pertanyaan untuk peserta mengenai hal yang sekiranya belum dimengerti.

Dari seluruh aspek kehidupan yang terkena dampak kehadiran internet, sektor bisnis merupakan sektor yang paling cepat tumbuh dan terkena dampak dari perkembangan teknologi, informasi, dan telekomunikasi. Melalui e-commerce, seluruh manusia di muka bumi memiliki kesempatan dan peluang yang sama untuk bersaing dan berhasil berbisnis di dunia maya. Dengan berkembangnya e-commerce secara cepat di seluruh dunia, segmentasi online customer menarik perhatian pebisnis dan akademisi. Setelah melakukan kegiatan tersebut, diharapkan dapat membantu dan berdampak baik dalam meningkatkan ekonomi masyarakat Desa Pakisrejo. [Divisi Ekonomi Pakisrejo 1/NF]

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Friday, May 3, 2024