WONOTIRTO, BLITAR – Ada dua kelompok KKN di desa Wonotirto, salah satu program kerja unggulan tim adalah melakukan reboisasi. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya dari tim KKN untuk membantu problematika desa, yakni kurangnya air untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Maka, dengan ini tim berupaya untuk membuat program reboisasi guna untuk menampung air yang ada di desa tersebut. Kegiatan ini dilaksanakan pada Minggu, 12 Februari 2023 yang bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup Blitar. Dalam hal ini, tim melaksanakan giat kolaborasi dengan beberapa lapisan masyarakat, salah satunya adalah Karang Taruna Desa Wonotirto.

“Kami sangat setuju dan mengapresiasi kegiatan mas, mbak KKN yang mana harapannya ini dapat menjadi problemsolve di masyarakat dan membantu ekonomi masyarakat setempat,” kata Mas Budi selaku ketua Karang Taruna Desa Wonotirto.

Sebelum melaksanakan agenda ini, tim terjun langsung ke masyarakat untuk menanyakan bibit seperti apa yang diinginkan masyarakat. Setelah dua hari tim keliling untuk observasi, tim mendapati bahwa masyarakat kebanyakan menginginkan bibit pohon yang dapat menyerap air dan dapat berbuat yang nantinya bisa dikelola masyarakat sekitar secara jangka panjang.

Maka untuk menanggapi hal tersebut, tim KKN memutuskan untuk menanam bibit petai untuk rebosisasi. Alasan memilih bibit ini dikarenakan pohon petai adalah sayuran yang sering di minati masyarakat pada umumnya dan harganya tergolong stabil, bahkan bisa terus naik. Di dukung oleh konstruk tanah yang berada di pegunungan dan beberapa tempat memiliki konstruk terasiring, air yang ada di wilayah ini pun tergolong sedikit sulit untuk memenuhi kebutuhan pohon yang kurang kuat. Maka, pohon petai adalah pohon multi fungsi yang kuat dalam segala kondisi. [KKN Wonotirto/NV]

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Sunday, May 12, 2024