senam lansia dusun bulurejo dalam kegiatan posyandu

Resapombo, Kesamben – Warga lanjut usia (lansia) diberikan layanan posyandu lansia di Dusun Bulurejo, Desa Resapombo, Kecamatan Doko, Rabu (15/01/20).

Bulurejo merupakan salah satu dari 6 dusun di Resapombo yang selalu mendapatkan jadwal posyandu lansia setiap bulannya. Di berbagai wilayah kegiatan ini memang sudah mulai banyak digalangkan untuk memberikan fasilitas kesehatan pada masyarakan lanjut usia dari desa.

Senang rasanya melihat antusiasme, khususnya ibu-ibu yang sudah memasuki usia lanjut dalam mengikuti kegiatan tersebut. Mereka menyambutnya dengan hati yang gembira.

Kabar baiknya lagi, kedatangan KKN IAIN Tulungagung di sambut sangat baik hari itu dan kami di undang untuk mengikuti sekaligus membantu kegiatan posyandu lansia tersebut.

Hari itu, mahasiswa KKN dari IAIN Tulungagung mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir. Tidak hanya posko satu, perwakilan DKLH posko 2 dan 3 pun turut menghadirinya. Kami hadir sejak pukul 8 pagi dan membantu persiapan kegiatan yang bertempat di Balai Dusun Bulurejo.

Kegiatan posyandu lansia ini dimulai dengan senam lansia yang diikuti oleh seluruh warga lanjut usia yang sudah hadir di lokasi sekaligus para mahasiswa yang turut mendampingi.

Selanjutnya, dilakukanlah berbagai pengecekan kesehatan secara bergantian. Pertama, para lansia yang mengikuti posyandu akan dicek berat badannya. Setelah itu, akan di cek juga tekanan darah mereka oleh dokter yang sudah ditugaskan dilokasi.

Tentu saja tidak ketinggalan, mereka pun akan diberikan fasilitas konsultasi bagi yang sedang membutuhkan dan memiliki keluhan tertentu. Seluruh data terkait kesehatan para lansia yang telah diperoleh dicatat dsn didokumentasikan dengan baik.

Kegiatan ini akan dilakukan lagi pada bulan berikutnha sesuai jadwal yang telah ditentukan. Jika melihat kondisi desa saat ini, tentu saja kegiatan ini dinilai sangatlah positif. Terlebih mengingat bahwa dusun Bulurejo sendiri cukup jauh dari akses fasilitas kesehatan, baik Rumah Sakit Umum Daerah maupun puskesmas Kecamatan Doko.

Dengan terselenggaranya kegiatan ini secara rutin, setiap lansia lebih terkontrol lagi kondisi kesehatannya setiap bulan. Demikian juga mereka yang memiliki kondisi atau keluhan tertentu dapat memanfaatkan fasilitas tersebut untuk konsultasi dengan dokter umum yang sedang bertugas.

Kegiatan seperti ini juga penting diselenggarakan di berbagai wilayah manapun untuk masyarakat yang sudah lanjut usia. Tentu kian penting lagi jika mengingat bahwa mereka memang rentan terhadap beberapa masalah kesehatan tertentu.

Kami sebagau mahasiswa pun sangat mengapresiasi kegiatan rutin tersebut dan berharap kedepannya akan terus lebih baik. Tak hanya balita, kesehatan lansia di dusun bulurejo juga mendapat perhatian melalui posyandu.

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Sunday, May 12, 2024