Kemirigede, Kesamben – Kuliah Kerja Nyata (KKN) IAIN Tulungagung dengan Tema “Resiliensi Untuk Indonesia Maju” salah satunya bertempat di Desa Kemirigede. Lokasi Desa Kemirigede berada di Kabupaten Blitar Kecamatan Kesamben bagian utara. Karena letak geografisnya yang berada di bawah kaki Gunung Kawi maka desa ini tergolong desa yang subur. Kegiatan ini dimulai tanggal 10 Januari 2020 dan akan berakhir pada tanggal 15 Februari 2020.

Selayaknya adab orang bertamu yang harus dilakukan adalah mengetuk pintu meminta salam kepada tuan rumah agar dibukakan pintu untuk bersilaturrahmi. Kami mahasiswa KKN IAIN Tulungagung mengadakan pembukaan di Balai Desa Kemirigede bersama Kepala Desa Kemirigede, lengkap tokoh masyarakat dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Pembukaan KKN dilaksanakan pada hari rabu tanggal 15 januari 2019 pukul 09.00-11.00 WIB.

Dalam sambutannya Bapak Didin Wahyudin, M.Pd.I, selaku dosen pembimbing lapangan posko 1 sampaikan terima kasih terimakasih kepada Bapak Hari Purnawan selaku Kepala Desa, yang telah memberikan izin kepada siswa untuk melakukan KKN, juga minta tolong untuk meminta bantuan siswa kekeliriuan atau keinginan yang tidak menyenangkan bagi masyarakat untuk tidak segan-segan meminta bantuan terlebih dahulu. KKN ini bisa disebut KKN dini. Dalam hal ini ia juga menyerahkan mahasiswa KKN IAIN Tulungagung sejumlah 40 Mahasiswa dari beberapa Program Studi yang dibagi menjadi 2 posko untuk dibimbing dalam bermasyarakat.

Kemajuan Kepala Desa Kemirigede pada akhir periodenya adalah menjadikan desa sebagai desa wisata, oleh karena itu Bapak Hari Purnawan meminta kepada siswa KKN IAIN Tulungagung untuk membantu mempromosikan desa wisatanya dengan media facebook, Instagram atau youtube. Selain itu ia juga meminta kepada siswa agar mau bergabung dan guyub rukun bersama masyarakat.

Hal serupa juga disampaikan oleh Sekretaris Kecamatan Kesamben dalam sambutannya dia menyampaikan tentang zaman sekarang perkembangan teknologi dengan sangat cepat namun sesuai dengan perkembangan tersebut etika harus tetap dijaga karena etika merupakan bagian dari yang melibatkan diri individu kemudian ia mengah diharapkan agar bisa melihat data yang dibutuhkan desa agar bisa disinkronkan dan meminta kepala desa untuk difasilitasi.

Kami mendapat sambutan hangat dari tokoh masyarakat yang diharapkan datangnya masiswa KKN. Terutama kepala desa kemirigede diakhir periodenya ini ia sangat memerlukan bantuan dari mahasiswa dalam mencapai visi misinya yaitu membuat desa kemiri gede sebagai desa wisata. Penulis : Mahasiswa KKN Kemirigede 2

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Tuesday, May 14, 2024