TUMPAKKEPUH, BAKUNG – Untuk menyemarakkan Bulan Rajab yang penuh berkah, masyarakat menggandeng kelompok KKN Tumpakkepuh 1 menyelenggarakan istigosah, yang merupakan kegiatan keagamaan yang dilakukan umat muslim yang bertujuan untuk memohon pertolongan, keselamatan, kebaikan, serta kemudahan Kepada Allah SWT. Istigosah juga meupakan sarana kegiatan pendekatan diri umat manusia kepada Tuhannya yaitu Allah SWT.

Istigosah tersebut dilaksanakan di Mushola Al Janatun Na’im yang berada di Dusun Krajan RT 03 RW 02 Desa Tumpakkepuh. Acara ini dilaksanakan bertepatan pada 29 Januari 2023 di pagi hari yaitu sekitar pukul 09.00. Melalui salah satu ketua kelompok yasin dan tahil setempat, memberitahukan kepada kelompok KKN Tumpakkepuh 1 untuk turut serta mempersiapkan agar acara berlangsung dengan lancar.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh 6 orang mahasiswi yang datang ke tempat sekitar 2 jam sebelum acara dimulai. Para mahasiswi ini mempersiapkan tempat dilaksanakannya istigosah. Mulai dari menyapu hingga menggelar karpet yang nantinya digunakan sebagai alas duduk para jamaah. Selain itu, para mahasiswi menata makanan dan minuman yang akan disuguhkan kepada pengisi acara maupun para jamaah.

Acara istigosah dimulai dengan lantunan-lantunan sholawat yang dibawakan oleh tim hadroh putra. Selanjutnya disambung oleh seorang tokoh agama setempat yang membawakan materi tentang Isro’ Miroj. Sekira 30 menit materi disampaikan dengan cara yang menyenangkan. Rangkaian acara yang terakhir yang merupakan puncak yaitu pembacaan istigosah yang disambung dengan tahlil kepada para arwah leluhur agar ditempatkan di sisi Allah SWT.

“Acara istigosah maupun acara keagamaan lainnya memang telah rutin dilaksanaan oleh warga Tumpakkepuh terutama kelompok-kelompok yasin dan tahlil,” kata salah satu ibu-ibu yang menghadiri acara. Karena pada dasarnya di Desa Tumpakkepuh ini terdapat tidak kurang dari 11 kelompok yasin dan tahlil ibu-ibu. Setiap kelompok berisi 15 sampai 25 orang saja yang pelaksanaannya biasanya pada hari Kamis atau Jumat. [KKN Tumpakkepuh 1/WFF]

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Friday, Apr 19, 2024