PANGGUNGKALAK, PUCANGLABAN – Berangkat dari keresahan masyarakat tentang mahalnya harga pupuk dan kesulitan masyarakat memperoleh pupuk tersebut membuat mahasiswa KKN Kelompok 1 Desa Panggungkalak bergerak untuk memecahkan problematika tersebut. Teman-teman mahasiswa mencarikan solusi dengan memberikan rekomendasi tempat pembelian pupuk dengan harga miring namun berkualitas.

Tanggal 25 Januari 2023, Divisi ekonomi panggungkalak 1 dan 2 berkolaborasi untuk memecahkan masalah mengenai kelangkaan pupuk subsidi yang ada di Desa Panggungkalak. Dari hasil kerjasama tersebut muncul sebuah solusi baru untuk mendatangkan distributor pupuk non-subsidi dengan harga terjangkau dari PT Padi Kencana yang terletak di kabupaten Mojokerto.

Pada tanggal 1 Februari 2023 tim Devisi Ekonomi mendatangkan marketing dari PT Padi Kencana, ketua kelompok tani dan beberapa anggota kelompok tani, kemudian dari pihak marketing memberikan sampel pupuk untuk di uji coba pada lahan pertanian di desa Panggungkalak. Pengujian tersebut bertujuan untuk mengetahui kecocokan pupuk dengan kondisi tanah dan dilakukan selama 2 sampai 3 minggu.

Masyarakat memiliki rencana untuk menindaklanjuti dengan mengabarkan ke seluruh anggota kelompok tani untuk bersama-sama mendatangkan pupuk dari PT Padi Kencana bila ada kecocokan dari tanah dan pupuk. Masyarakat berpendapat jika harga pupuk dibawah Rp. 200.000 mereka siap untuk membeli produk pupuk PT Padi Kencana.

Setelah itu divisi ekonomi akan menjembatani komunikasi antara kelompok tani dengan pihak marketing PT Padi Kencana serta membantu pengajuan proposal untuk mendapatkan harga lebih murah (subsidi pabrik), sehingga masayarakat terkhususkan anggota kelompok tani bisa mendapatkan pupuk subsidi dengan mudah dan murah .

Permasalahan tentang langkanya pupuk dapat teratasi. Teman-teman peserta KKN berharap kedepannya masyarakat bisa terus mengembangkan pertanian mereka dan tidak hanya selesai sampai hari ini saja tetapi terus berkala dan nantinya diharap dapat meningkatkan taraf perekonomian masyarakat. [Lukman dan Elsa/FD]

#KKN2023 #UINSATU

#UINSayyidAliRahmatullahTulungagung #DESABERDAYA

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Saturday, May 4, 2024