TALANG, SENDANG – Pada 8 februari 2023, dalam membentuk kreatifitas anak, perlu adanya kegiatan-kegiatan khusus guna melatih sekaligus mengembangkan kreatifitas anak. Salah satu kegiatan yang dapat membentuk kreativitas pada anak yaitu salah satunya dengan diadakannya lomba mewarnai. Mewarnai adalah suatu kegiatan kreativitas, dimana anak diajak untuk memberikan suatu atau beberapa goresan warna pada suatu bentuk atau pola gambar, sehingga terciptalah sebuah karya seni.

Desa Talang rupanya cukup banyak anak yang berada di kelompok bermain (PAUD) maupun di taman kanak-kanak (TK). Sehubungan dengan itu, Ibu Anik dan Ibu Lia selaku guru TK Dharma Wanita Talang II menyampaikan, di Talang sini banyak anak-anak yang merupakan generasi penerus, selain peran orang tua, peran guru PAUD dan TK juga sangat penting guna mengembangkan kreatifitas dan kecerdasan anak.

Menindak lanjuti hal tersebut mahasiswa peserta KKN Reguler Multisektoral Kelompok 22 Talang 1 melakukan observasi lebih lanjut mengenai apa saja minat anak-anak yang juga sekaligus mendorong kreatifitas serta kecerdasan mereka. Setelah melakukan survei lapangan, dapat disimpulkan hasilnya bahwa akan sangat menarik perhatian anak – anak jika diadakan lomba.

Ibu kayati mengatakan bahwasannya anak-anak TK Dharma Wanita Talang II sudah dapat memahami berbagai warna dan sangat senang mewarnai. Oleh karena itu, pada tanggal 8 Februari 2023, mahasiswa peserta KKN Reguler Multisektoral Kelompok 22 Talang I mengadakan kegiatan lomba mewarnai yang bertempatan di TK Dharma Wanita Talang II.

Tema yang diangkat adalah Rabu Ceria yang mana selain bertujuan untuk bersenang-senang, namun juga bertujuan untuk memberikan wadah bagi anak-anak agar mampu berkreasi sesuai dengan imajinasi yang mereka miliki sehingga mampu mengembangkan potensi kreatifitas dalam diri mereka. Kegiatan lomba mewarnai ini diikuti oleh seluruh siswa – siswi PAUD Ceria dan TK Dharma Wanita Talang II.

Kegiatan lomba mewarnai diawali dengan pembukaan yaitu doa bersama dan sambutan dari Ibu kepala sekolah. Pada saat kegiatan berlangsung anak-anak dibiarkan untuk berkreasi sesuka hati mereka tanpa arahan dan batasan waktu. Kegiatan lomba diakhiri dengan penyerahan hadiah dan snack kepada para peserta. [Fera Dia Ayuningtiyas/FD]

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Sunday, Apr 28, 2024