NGEPOH, TANGGUNGGUNUNG – Kerja bakti membersihkan mushola merupakan salah satu program kerja rutin kelompok KKN Ngepoh 2 yang dilakukan setiap satu minggu sekali yaitu pada hari Jum’at. Program kerja ini merupakan program kerja kolaborasi antara dua divisi yaitu divisi sosial budaya dan agama serta divisi kesehatan dan lingkungan hidup. Kegiatan ini dilakukan dengan membagi anggota kelompok kedalam dua kelompok agar lebih memudahkan dalam melakukan kerja bakti membersihkan mushola.

Karena dalam kelompok Ngepoh 2 terdapat 3 posko KKN yaitu dua posko putri dan satu posko putra yang berisi 10 anak maka pembagian kelompok kerja bakti bersih mushola dibagi menjadi kelompok satu beranggotakan anak-anak posko satu ditambah 5 orang anak laki-laki serta kelompok kedua berisi anak-anak posko dua ditambah 5 anak laki-laki. Untuk agenda program kerja bersih mushola minggu ini.

Kerja bakti bersih mushola dilakukan di dua mushola yaitu mushola Ar- Rahman dan mushola Pak Saudi. Anak-anak kelompok satu mendapatkan bagian untuk membersihkan mushola Pak Saudi sedangkan kelompok dua mendapatkan bagian untuk membersihkan mushola Ar-Rahman. Letak kedua mushola tidak terlalu jauh dari posko KKN.

Kerja bakti yang dilakukan diantaranya yaitu membersihkan kaca mushola, menyapu mushola, mengepel mushola, membersihkan rumput-rumput panjang di sekitar mushola, membersihkan meja untuk anak-anak mengaji, menyapu sampah-sampah berupa dedaunan kering yang bertebaran di sebelah mushola agar lebih nyaman ketika orang-orang melewati jalan tersebut untuk melakukan ibadah sholat.

Agenda kerja bakti membersihkan mushola ini dilakukan supaya membuat masyarakat, khususnya yang setiap hari melakukan sholat berjama’ah di mushola tersebut dapat merasa nyaman ketika sedang menjalankan ibadah sholat. Karena seperti yang diketahui membuat orang lain merasa nyaman dalam menjalankan ibadah adalah hal yang sangat baik.

Sebelum kelompok Ngepoh 2 melakukan program kerja berupa kerja bakti membersihkan mushola tentunya pihak divisi telah meminta persetujuan terlebih dahulu dengan pihak pemilik maupun pengurus mushola, barulah setelah pihak divisi mendapat persetujuan  dari pemilik ataupun pengurus mushola kemudian koordinator divisi menggerakkan seluruh peserta KKN Ngepoh 2 untuk ikut serta menjalankan program kerja membersihkan mushola. [KKN Ngepoh 2/BILA]   

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Sunday, Apr 28, 2024