NGEPOH, TANGGUNGGUNUNG – KALIPO merupakan salah satu nama dari program kerja yang dimiliki oleh KKN Ngepoh 2. Program kerja KALIPO ini merupakan salah satu program yang dimiliki oleh divisi ekonomi yang dimana tujuan dari program kerja ini yaitu untuk melakukan kelas inovasi memasak bersama. Program kerja ini dilaksanakan pada hari minggu, 5 Februari 2023 yang dihadiri oleh ibu-ibu sekitar.

Kegiatan ini dimulai sejak pukul 9.30 hingga pukul 11.45 yang bertempat di gudang bapak Andri. Pada kelas inovasi memasak kali ini, tema masakannya adalah makanan dengan bahan dasar jagung yang kemudian oleh para peserta KKN divisi ekonomi dan ibu-ibu sekitar  menginovasikan jagung menjadi makanan yang diberi nama kue talam jagung lapis pandan.

Dalam pembuatan kue talam jagung lapis pandan tersebut tentunya membutuhkan alat-alat tertentu yang diantaranya adalah kompor, kukusan, blender, pisau, sendok, spatula, saringan, baskom, loyang, mika plastik dan panci. Selain itu, dalam pembuatan kue talam jagung lapis ini juga membutuhkan beberapa bahan yaitu jagung manis, tepung beras, tepung tapioka, tepung terigu, santan, gula, garam, vanili, pewarna makanan, daun pandan serta minyak.

Kue talam jagung lapis pandan ini sebenarnya masih termasuk makanan tradisional yang memang memiliki rasa yang sangat khas dan tentunya sangat lezat. Program kerja KALIPO  ini dilakukan sebenarnya juga dengan tujuan agar masyarakat sekitar terutama desa Ngepoh agar dapat memberikan inovasi baru terhadap para ibu di desa Ngepoh agar mampu menciptakan hal baru atau inovasi baru perihal makanan.

Terlebih lagi di desa Ngepoh sendiri memang memiliki potensi pertanian jagung yang terbilang cukup baik sehingga hal tersebut seharusnya mampu dijadikan sebagai salah satu hal yang dapat menghasilkan pundi-pundi atau dengan kata lain dapat bermafaat untuk menambah perekonomian. Oleh karena itu, kelas inovasi produk ini dilakukan agar dapat menciptakan inovasi dalam mengolah hasil pertanian seperti halnya jagung tersebut.

“Tujuan kami menyelenggarakan acara ini yaitu untuk memberikan inovasi baru terkait pengolahan produk pangan dengan mengangkat salah satu potensi desa yaitu jagung. Maka dari itu, kami membuat pelatihan kelas inovasi produk “pembuatan kue talam jagung lapis pandan” Ucap salah satu anggota divisi ekonomi yang menjadi penyelenggara acara KALIPO. [KKN Ngepoh 2/WFF]

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Saturday, Apr 27, 2024