NYAWANGAN, SENDANG – Dalam upaya menanggulangi masalah sumber daya manusia di Desa Nyawangan, Divisi Pendidikan dan Teknologi KKN UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dengan bantuan dari teman- teman mengadakan bimbingan belajar (bimbel). Yang tujuan utamanya adalah membantu adik-adik agar lebih mudah memahami pelajaran yang sudah diberikan di sekolah.

Sebelum mengadakan bimbel, terlebih dahulu kami melakukan survei di sekolah-sekolah yang terdapat di Desa Nyawangan. Sekolah yang kami kunjungi diantaranya ialah SDN 1 Nyawangan, SMP PGRI 2, dan SMA PGRI 1. Dari kunjungan yang telah dilakukan ke tiga sekolah tersebut, kami banyak mendapat informasi dari guru-guru mengenai keadaan siswa, semangat belajar siswa, dan bagaiman siswa itu di sekolah.

Dari penjelasan tersebut, bahwa masih banyak adik-adik yang kesulitan dalam memahami pelajaran yang disampaikan Bapak Ibu guru di sekolah. Sekaligus masih banyak pula sebagian dari mereka yang belum bisa membaca dan menulis di usianya sehingga mengurangi semangat mereka dalam menuntut ilmu.

Dibekali dengan informasi tersebut, kami mengadakan bimbel dengan sistem yang kita gunakan yaitu bermain dan belajar, yang mana metode itu efektif untuk meningkatkan  semangat belajar anak sehingga merasa senang dan tidak tertekan saat belajar, Dalam pembelajaran kami terlebih dahulu memberikan materi dan menjelaskan materi tersebut. Setelah itu, kami melanjutkan dengan memberikan permainan yang berkaitan dengan materi sebelumnya. [Divisi Pendidikan dan Teknologi Sendang/FD]

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Saturday, Apr 27, 2024