PANGGUL – Kegiatan Sosialisasi Keamanan Pangan dan Penyuluhan Izin Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) digelar di Desa Banjar Kecamatan Panggul, Rabu (7/08/2019). Kegiatan yang digelar mahasiswa KKN IAIN Tulungagung ini salah satu dari lima pilar kegiatan KKN Revolusi Mental yakni Indonesia Melayani.

Sosialisasi P-IRT ( Pangan Industri Rumah Tangga) dan Keamanan Pangan merupakan jenis sosialisasi untuk perizinan industri baik makanan ataupun minuman yang berada dilingkup rumahan serta bagaimana upaya untuk mencegah adanya indikasi yang membahayakan pada bahan pangan.

Sebagaimana yang dipaparkan oleh pemateri dari puskesmas kecamatan Panggul, ibu Endah Setiani, beliau mengatakan bahwa: Keamanan pangan sangat penting dilakukan, karena apa yang dimakan atau dikonsumsi manusia selalu berdampak pada kesehatan.

Dia juga menjelaskan mengenai pengertian P-IRT, menurut ibu pemateri: P-IRT ialah industri yang di buat oleh rumah Tangga (skala rumah tangga), selain P-IRT ada juga Life Sehat.

Adapun rangkaian acara sosialisasi dimana kegiatan dimulai pukul 10:00 11: 25 WIB, kegiatan sosialisai dihadiri oleh ibu2 PKK, bapak kepala desa serta tamu undangan sebanyak 30 orang dengan berbagai macam jenis usaha atau bisnis yang dimiliki seperti bisnis atau usaha tempe, bakso, roti, pentol, keripik pisang.

Dalam proses pelaksanaan, ketua pelaksana menyampaikan sambutannya. Beliau menyampaikan terima kasih kepada bapak/ibu desa banjar, bapak dan ibu puskesmas kecamatan panggul serta seluruh panitia yang terlibat dalam kegiatan sosialisasi keamanan pangan dan penyuluhan izin Pangan Industri Rumah Tangga.

Selanjutnya, kegiatan intipun dimulai. Saudara Yoga Adi Surya selaku moderator yang mengatur jalannya sosialisasi dan diskusi serta mendampingi ibu Endah Setiani selaku narasumber atau pemateri. Sebelum sosialisai dan diskusi dimulai. Endah mengajak seluruh warga yang berada di balai desa untuk melakukan salam GerMas. Proses pembuatan PIRT sama seperti proses pembuatan sertifikat tanah, begitupun dengan cara pembuatan Life Sehat, hampir sama dengan P-IRT.

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Monday, May 6, 2024