GUNUNG GEDE, WONOTIRTO – Lembaga Amil Zakat, Infak, dan Sedekah Nahdlatul Ulama atau yang biasa dikenal dengan LAZISNU merupakan suatu lembaga yang telah diakui secara resmi oleh negara dan sah berperan sebagai penghimpun dan penyalur dana zakat kepada masyarakat. Lembaga ini lahir dan berdiri sebagai amanat dari Muktamar Nahdlatul Ulama (NU) yang ke-31, di asrama Haji Donohudan, Boyolali, Jawa Tengah.

Adapun program LAZISNU meliputi membangkitkan usaha umat, menyehatkan masyarakat, mencerdaskan santri, dan membahagiakan anak yatim dhuafa. Ada juga program bangkitkan usaha umat menjadi program unggulan serta  program sehatkan masyarakat yang berangkat dari kelangkaan beberapa bahan makanan bergizi serta kebutuhan vitamin bagi masyarakat.

Program unggulan lainnya yaitu cerdaskan santri hal ini karena santri adalah masa depan negeri ini. Namun, masih banyak santri yang membutuhkan bantuan untuk akses belajarnya. Seperti halnya lembaga lain, LAZISNU juga mempunyai visi yaitu bertekad menjadi penge-lola dana masyarakat (zakat, infak, sedekah, CSR, dan dana sosial lainnya) yang digunakan secara amanah dan professional untuk pemberdayaan umat.

Sedangkan misinya yaitu mendorong tumbuhnya kesadaran masyarakat untuk mengeluarkan zakat, infak, dan sedekah dengan rutin dan tepat; mengumpulkan/menghimpun dan mendaya-gunakan dana zakat, infak, dan sedekah secara professional, transparan, tepat guna dan tepat sasaran; menyelenggarakan program pemberdayaan masyarakat guna mengatasi problem kemiskinan, pengangguran, dan minimnya akses pendidikan yang layak.

LAZISNU Gunung Gede membagikan sembako kepada warga Desa Gunung Gede yang kurang mampu. Kegiatan ini dimulai pada pukul 13.00 WIB dengan mengenderai mobil pick up. Kegiatan ini bekerjasama dengan semua kelompok di Desa Gunung Gede, baik kelompok 1, 2, dan 3 pada 4 Februari 2023. Masyarakat merasa senang karena terbantu kebutuhan sehari-hari mereka dengan adanya program-program dari LAZISNU.

Keberadaan LAZISINU menjadi penting untuk menjembatani antara muzakki atau orang yang mengeluarkan zakat dan mustahik atau orang yang menerima zakat. Sehingga peruntukkan dari zakat dan sedekah juga dapat diarahkan dengan baik. Di era moderen saat ini, dalam penyaluran zakat, infak, dan sedekah kepada LAZISNU tidak hanya bisa disalurkan secara manual, melainkan dapat disalurkan secara online dengan mentransfer ke rekening yang sudah disiapkan oleh LAZISNU. [KKN Gunung Gede/WFF]

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Friday, May 3, 2024