TALANG, SENDANG – Kesehatan merupakan suatu komponen penting dalam kehidupan. Untuk mendapatkan suatu kesehatan kita perlu makan makanan sehat, tidur cukup dan berolahraga. Salah satu olahraga yang sering kita jumpai adalah jalan sehat. Jalan sehat merupakan suatu olahraga yang dikemas secara asik dan mudah untuk dilakukan. Sehingga banyak masyarakat tertarik untuk melakukan kegiatan ini. Selain itu, jalan sehat dapat meningkatkan rasa kebersamaan dalam suatu lingkungan.

Mengetahui hal tersebut, mahasiswa KKN Desa Talang 1 UIN Sayyid Ali Rahmatullah  Tulungagung mengadakan kegiatan jalan sehat yang dapat diikuti oleh seluruh masyarakat Desa Talang. Kegiatan ini dilaksakan pada Minggu, 5 Februari 2023 yang diikuti oleh anak-anak, remaja hingga dewasa. Sejak pagi sejumlah masyarakat sudah mulai berdatangan, acara ini di buka oleh ketua dari KKN kelompok Talang 1.

Setelah acara dibuka para peserta diberangkatkan pada pukul 08.00 WIB hingga garis akhir pada pukul 08.45 WIB, dan para peserta jalan sehat diberikan kupon untuk per orang yang akan di undi pada saat sebelum lomba berlangsung setelah jalan sehat. Untuk rute jalan sehat sendiri yaitu awal mulai dari Masjid Sabilul Mutaqin yang berada di Dusun Tenggong, kemudian keliling menempuh perjalanan kurang lebih 30 sampai 45 menit mengelilingi Dusun Tenggong.

Kegiatan ini dikemas secara sederhana namun asik dengan diselingi beberapa doorprize dan lomba sesudah jalan sehat dilaksankan. Lomba yang dilaksanakan terdiri dari lomba estafet sarung yang dapat dilakukan oleh 5 orang per kelompok. Serta lomba kursi goyang dimana ketika musik dilantunkan para peserta diharuskan untuk bergoyang dan ketika musik dihentikan maka peserta harus duduk di kursi yang telah disediakan oleh panitia.

Acara ini berlangsung secara meriah, program kegiatan jalan sehat ini dapat dikatakan berhasil dimana masyarakat Desa Talang sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini. Hal ini terbukti dengan jumlah peserta yang lebih dari 200 orang yang berpartisipasi dalam acara ini hingga acara puncak, para warga masih setia mengikuti acara Jalan Sehat.

Bukan hanya sebuah lancarnya acara yang menjadi tujuan utama, tetapi juga meningkatkan kesehatan para masyarakat khususnya warga Desa Talang dan juga menjadi sebuah wadah silahturahmi dan keakraban antara mahasiswa KKN dengan masyarakat Desa Talang. Kegiatan jalan sehat ini diharapkan dapat menjadi kegiatan yang berkelanjutan dikemudian hari. Sehingga kesehatan masyarakat desa Talang dapat tetap terjaga. [Niswatul Azizah/FD]

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Sunday, Apr 28, 2024