SUMBERDADAP, PUCANGLABAN – Pada Selasa, 31 Januari 2023 tim kami dari Divisi Kesehatan dan Lingkungan Hidup mengadakan kegiatan senam dengan para ibu-ibu di Desa Sumberdadap. Kegiatan senam ini bertujuan untuk membantu meningkatkan kebugaran jasmani. Gerakan-gerakan senam bermanfaat untuk melatih otot-otot pada tubuh, melancarkan peredaran darah sehingga lebih sehat dan segar.

Dengan Kegiatan ini kami mengharapkan juga agar terjalin silaturrahmi dan keakraban antara ibu-ibu Sumberdadap dengan Mahasiswa KKN UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung agar kedepannya komunikasi bisa lebih lancar dan program kerja yang diadakan untuk Masyarakat dapat terselenggara dengan baik.

Sebelum itu, kami ke rumah Ibu Kepala Desa untuk meminta izin agar kegiatan tersebut terlaksana dengan baik dan lancar. Beliau menyetujui karena sebelumnya juga pernah diadakan kegiatan senam yang dipimpin oleh instruktur senam. Kegiatannya dilaksanakan setiap Selasa dan Sabtu. Kemudian, beliau mengkoordinir ibu-ibu PKK dan warga desa Sumberdadap jika berkenan untuk mengikuti kegiatan senam tersebut melalui grup WhatsApp.

Setelah meminta izin, kami Divisi Kesehatan dan Lingkungan Hidup memulai latihan gerakan senam untuk kegiatan tersebut pada malam harinya. Besoknya kegiatan senam dilaksanakan pada pukul 16.00 WIB karena pada saat itu ibu-ibu warga desa Sumberdadap sedang santai tidak melaksanakan kegiatan, seperti mengurusi rumah tangga ataupun bekerja.

Sebelum senam dimulai, kami mempersiapkan sound system untuk uji coba musik senamnya agar tidak terkendala saat kegiatan berjalan. Ibu-ibu sangatlah antusias dalam mengikuti program senam yang kami adakan dengan perasaan gembira. Hal tersebut dapat dilihat ketika mereka datang ke Balai Desa Sumberdadap dengan sikap yang ramah.

Kegiatan tersebut dimulai dengan pemanasan agar mengurangi resiko cidera, meningkatkan fleksibilitas, meningkatkan energi, dan menambah performa tubuh. Dilanjutkan dengan inti lagu yaitu dj pong-pong dan ojo dibanding-bandingke. Namun sangat disayangnya senamnya terhenti dikarenakan hujan dan mati lampu. akhirnya para ibu-ibu langsung bergegas untuk pulang. Tetapi, para teman-teman KKN tetap melanjutkan senam dengan lagu kewer-kewer dan senam penguin.

Selesai kegiatan kami istirahat, ada yang berfoto-foto, mengobrol sambil menunggu hujannya reda. Setelah itu, kami semua pulang ke posko. Kegiatan senam ini dapat mengisi waktu luang teman-teman KKN (Kuliah Kerja Nyata) serta menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Dengan ini kami dari Divisi Kesehatan dan Lingkungan Hidup menjadwalkan kegiatan ini setiap hari Sabtu sore. [Divisi Kesehatan dan Lingkungan Hidup/FD]

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Thursday, Apr 25, 2024