SUMBERDADAP, PUCANGLABAN  – Pada Jumat, 3 Februari 2023 kami dari Divisi Kesehatan dan Lingkungan Hidup telah melaksanakan program kerja yaitu kerja bakti dan reboisasi di sekitar Desa Sumberdadap. Program kerja ini dilaksanakan bersama dengan seluruh kelompok-kelompok yang ada di desa ini, mulai dari kelompok 1, kelompok 2, dan juga kelompok 3.

Tujuan daripada pelaksanaan kerja bakti tersebut adalah untuk membersihkan lingkungan sekitar balai desa dan masjid maupun tempat umum lainnya. Dan tujuan dari pada reboisasi adalah untuk penanaman ulang atau penghijauan yang dilakukan di Desa Sumberdadap. Kami melakukan kegiatan tersebut untuk mengajak dan menyadarkan setiap sudut masyarakat bahwa pentingnya kesadaran merawat lingkungan dan melakukan penghijauan.

Kegiatan ini didampingi oleh Bapak Kepala Dusun, perangkat desa dan warga masyarakat. Kegiatan ini dimulai pada pukul 07.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB. Disini ada pembagian yang harus dikerjakan. Banyak sekali area yang dibersihkan, pada awalnya seluruh mahasiswa dan masyarakat berkumpul di balai desa. Kita semua membersihkan balai desa bersama, lalu kita membagi tempat diantaranya yaitu Lapangan utama desa, Taman Pendidikan Qur’an (TPQ), Masjid, Selokan di sepanjang jalan, dan juga lahan khusus yang akan dipakai untuk menanam pohon atau reboisasi.

             Kami mencari dan menyiapkan banyak pohon yang sudah siap tanam. Ada berbagai macam bibit pohon yang ada, seperti pohon beringin, pohon trembesi, pohon cemara, pohon jati, pohon sengon laut, dan lain sebagainya. Latar belakang kita memilih untuk menggunakan penanaman bibit pohon tersebut adalah menyesuaikan tanah dan kondisi yang ada di Desa Sumberdadap.

Tempat penanaman pohon berada di selatan SMP Pucanglaban, dan juga di sekitar area balai desa. Dimana proses penanaman pepohonan, Bapak Kasun juga turut terjun untuk membantu teman-teman dalam reboisasi. Lokasi yang ditempati reboisasi adalah tempat pilihan yang sudah ditunjuk oleh tokoh masyarakat karena memang tempatnya sesuai antara pepohonan dengan tanahnya.

Desa ini bisa dikatakan daerah yang agak sulit air sumber, maka dari itu sebagian besar pepohonan yang ditanam oleh kami yaitu jenis pohon yang bisa menampung dan menahan perairan tanah. Dengan adanya kegiatan reboisasi ini diharapkan bisa menjaga sumber perairan tanah dan menjadikan manfaat bagi seluruh masyarakat Desa Sumberdadap. Selain itu, juga bisa menjaga tanah dari adanya tanah longsor. [KKN Sumberdadap/FD]

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Thursday, Mar 28, 2024