Bertempat di ujung paling selatan Kabupaten Tulungagung. Wilayah lokasi Kelompok KKN VDR 073 IAIN Tulungagung berada. Tepat di Desa Pucanglaban, Kecamatan Pucanglaban. Kami melakukan pembukaan di Desa Pucanglaban pada tanggal  3 Februari 2021, selanjutnya pada tanggal 7 di bulan yang sama, dilakukan pembukaan di Kantor Kecamatan Pucanglaban bersama 5 kelompok KKN lainnya yang masih berada di wilayah kawasan yang sama yaitu di Kecamatan Pucanglaban.

Setelah pembukaan tersebut dilakukan, kami membagi kelompok menjadi 3 Divisi yaitu Divisi Moderasi Beragama, Divisi Berdesa, Divisi Antologi dan juga ada Pengurus Harian yang anggotanya meliputi Ketua Kelompok, Wakil ketua, Sekretaris, dan Bendahara. Para tim yang sudah dibentuk selanjutnya melakukan tugasnya sesuai dengan yang sudah direncanakan dan membuat program kerja guna di kumpulkan kepada pihak LP2M.

Program kerja disusun oleh masing-masing Divisi sesuai dengan kebutuhan yang dapat dicapai. Program kerja yang dilakukan Divisi Berdesa antara lain: Pertama, Bantuan Sosial berupa sembako yang diberikan kepada 50 orang warga desa Pucanglaban. Bantuan Sosial tersebut mengarah kepada warga yang dirasa kurang mampu, dan juga terkena dampak pandemi Covid-19.

Data warga yang kurang mampu tersebut diperoleh dari sumber desa. Bantuan sosial ini diberikan langsung ke rumah-rumah warga untuk menghindari kerumunan, terlebih sesuai dengan anjuran dari LP2M supaya KKN via daring ini memperhatikan protokol kesehatan. Para anggota divisi berdesa semua bergerak pada saat packing sembako dan pembagian bansos.

Kedua, program kerja dari divisi berdesa adalah promosi UMKM, mereka melakukan wawancara oleh para pelaku UMKM di Desa Pucanglaban, selanjutnya mengambil foto produk UMKM untuk diposting di media sosial dan dipromosikan oleh seluruh anggota kelompok. Hal ini dilakukan supaya UMKM lebih dikenal dikhalayak umum, bukan hanya di toko-toko offline baik pasar ataupun toko-toko kelontong, tetapi juga dikenal di dunia maya.

Selanjutnya program kerja dari Divisi berdesa adalah membuat taman didepan balai desa Pucanglaban. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk penghijauan sekitar Balai Desa dan sebagai bentuk kenang-kenangan dari kelompok kami.

Program kerja yang dilakukan Divisi Moderasi Beragama antara lain: Pertama, mengadakan lomba menghafal surat pendek untuk anak usia 7 sampai 11 tahun. Salah satu anggota ada yang menjadi juri dan menentukan siapa pemenangnya. Proram ini disambut antusias oleh para peserta dari berbagai daerah.

Selanjutnya para peserta mengikuto lomba sesuai dengan syarat dan ketentuan. Pemenang terpilih terdiri dari 3 orang, yang kemudian diberikan hadiah sesuai dengan pencapaian yang telah mereka lakukan. Kedua, Mengadakan kajian online yang dibuka untuk umum via live instagram dan terdapat narasumber yang membahas tema tentang pernikahan dini.

Divisi Antologi mengarahkan anggota tim bertugas mengumpulkan karya esai para anggota kelompok KKN 073, selanjutnya karya-karya tersebut disusun sedemikian rupa untuk dapat didaftarkan ISBN dan akhirnya diterbitkan, sehingga lahirlah sebuah karya buku. Tugas daripada Divisi Antologi antar lain: mengedit laporan, menyusun laporan sesuai template dan merevisi berkas sesuai dengan arahan dari Dosen Pembimbing Lapangan dan juga LP2M.

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Sunday, May 12, 2024