PAKISREJO, TANGGUNGGUNUNG – Pada tanggal 03 Februari 2023 seharusnya teman- teman KKN dari divisi kesehatan dan lingkungan hidup mengadakan sosialisasi bahaya merokok kedua di SDN 1 Pakisrejo. Tetapi hal itu di undur karena di SDN 1 Pakisrejo sedang ada tamu dari luar. Sehingga sosialisasi di undur menjadi tanggal 04 Februari 2023, Jam pelaksanaannya pun juga dirubah yang semula  jam 08.00 WIB menjadi jam 09.00 WIB.

Pengunduran jadwal ini diberitahuakan oleh kepala sekolah ketika koordinator divisi kesehatan serta tim dari divisi sosial budaya dan agama melakukan kunjungan ke SDN 1 Pakisrejo untuk melakukan konfirmasi tentang program dari divisi sosial budaya dan agama. Sosialisasi ini dilakukan dengan tujuan untuk untuk mencegah anak-anak yang akan beranjak dewasa agar tidak merokok.

Apalagi pergaulan diluar sana semakin bebas, sehingga harus di beri pengarahan serta pengetahuan sosial yang bermanfaat. Tujuan lain dari sosialisasi ini ialah untuk menjaga kesehatan generasi muda agar terbebas dari asap rokok. Sebelum acara sosialisasi kedua dilakukan, teman-teman dari divisi kesehatan dan lingkungan hidup mengadakan rapat divisi untuk mempersiapkan sosialisasi serta evaluasi supaya berjalan lancar.

Esok paginya ketika waktu pelaksanaan sosialisasi, teman-teman KKN dari divisi kesehatan dan lingkungan hidup berangkat lebih awal untuk mempersiapkan alat serta membersihkan tempat sosialisasi yang sudah di sediakan oleh kepala sekolah SDN 1 Pakisrejo. Sosialisasi kedua ini dilaksanakan di mushola SDN 1 Pakisrejo. Ketika sudah pukul 09.00 WIB teman-teman KKN mengumpulkan anak anak kelas 4,5, dan 6 untuk memulai sosialisasi.

Sosialisasi pun dibuka oleh Koordinator divisi kesehatan dan lingkungan hidup , kemudian penjelasan materi bahaya merokok yang disampaikan oleh kakak Nia. Lalu dilanjutkan dengan kuis berhadiahkan doorprize yang telah disiapkan oleh kakak KKN UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Lalu dilanjutkan dengan praktek yang dilakukan diluar mushola. Cara kerja dari praktek sosialisasi bahaya merokok ini ialah dengan mengisi air kedalam botol yang sudah di sediakan oleh kakak KKN.

Lalu tutup botol yang sudah dilubangi diberi rokok. Rokok yang sudah dipasang lalu dibakar. Agar rokok bisa turun terhisap, lubang yang sudah dibuat dibawah botol di buka. Otomatis rokok akan berkurang karena terhisap. Lalu asap akan memenuhi botol, jika air di dalam botol sudah keluar semua, tutup botol di buka dan bagian atas di bungkus dengan menggunakan tisu, asap di dalam botol dikeluarkan dan membuat tisu yang awalnya putih menjadi menguning.

Hal ini membuktikan bahwa bahaya dari asap rokok bagi Kesehatan organ manusia. Serta membuat polusi udara. Setelah selesai praktek, kegiatan sosialisasi pun ditutup dan teman teman KKN dari UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung pamit ke kepala sekolah dan mengucapkan terima kasih karena telah diberi tempat dan wadah untuk melaksanakan program kerjanya.[KKN Pakisrejo 1/WFF]

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Thursday, May 16, 2024