NGEPOH, TANGGUNGGUNUNG – Sertifikasi halal merupakan salah satu hal penting yang harus ada ketika ingin memasarkan sebuah produk dengan tujuan agar produk yang dipasarkan dapat memperoleh logo halal dalam kemasannya sehingga mampu untuk lebih menarik pelanggan. Pihak kampus dalam kegiatan KKN ini memberikan sebuah program sertifikasi halal selfdeclare secara gratis.

Program ini dilakukan hanya untuk produk pilihan yaitu produk yang tidak mengandung bahan hewani berupa bahan daging seperti daging ayam serta bukan produk usaha rumah makan. Contoh produk pilihan yang dapat mendaftarkan sertifikasi halal ini seperti halnya makanan yang pembuatannya tidak terlalu rumit, minuman serta obat tradisional seperti jamu.

Dalam KKN ini pihak kampus yaitu PLH (Pusat Layanan Halal) UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung akan memproses semua produk yang akan di daftarkan sertifikasi halal. Sebelum proses pendaftaran, setiap kelompok mahasiswa KKN diberikan tanggungjawab untuk dapat menyiapkan setidaknya 3 pelaku usaha yang produknya akan di daftarkan sertifikasi halal.

Oleh karena itu setiap kelompok sebelum dilakukan sosialisasi sertifikasi halal oleh pihak kampus UIN SATU maka harus survei terlebih dahulu di daerah masing-masing tempat kelompok KKN, lalu pelaku usaha yang berkenan untuk mendaftarkan produknya nantinya akan di dampingi oleh 3-4 mahasiswa dalam tiap kelompok untuk dilakukan sosialisasi, pada 30 Januari 2023 pukul 09.45 yang bertempat di kecamatan Tanggunggunung.

Acara sosialisasi dihadiri oleh pihak kampus yaitu PLH UIN SATU, pihak kecamatan, koordinasi kecamatan, koordinasi desa, mahasiswa tiap kelompok sebagai pendamping pelaku usaha serta pelaku usaha itu sendiri. Pada awal acara dilakukan pembukaan dengan adanya sambutan oleh koordinasi kecamatan, bapak camat serta pihak kampus yaitu PLH UIN SATU.

Setelah dilakukannya sambutan langsung dilanjutkan dengan penyampaian materi sertifikasi halal yang dilakukan oleh pihak PLH UIN SATU serta materi tentang tahap-tahap pengajuan sertifikasi halal. Acara tersebut berlangsung selama kurang lebih 1 jam yaitu dari 09.45 hingga pukul 11.00, walaupun banyak peserta dari kalangan pelaku usaha yang berhalangan hadir karena suatu hal tetapi acara tetap berlangsung dengan baik dan lancar. [KKN Ngepoh 2/ WFF]

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Monday, May 6, 2024