SURU, DOKO – Mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) IAIN Tulungagung 2020 yang bertempat di RT/RW 02/09 Dusun Pehdoplang, Desa Suru, Kecamatan Doko, Kabupaten Blitar pada hari Minggu, 19 Januari 2020 melakukan penanaman serai bersama warga Dusun Pehdoplang. Kegiatan tersebut merupakan program kerja dari Divisi Kesehatan dan Lingkungan Hidup yang membawa warga sekitar sebagai sasaran.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat semakin mempererat hubungan antara mahasiswa KKN bersama dengan warga sekitar. Selain itu, serai yang ditanam bisa dimanfaatkan sebagai bumbu masakan juga bahan minuman, bahkan bisa digunakan sebagai penambah penghasilan bagi warga sekitar. Income untuk desa yang di upayakan dari dusun pehdoplang tertarik dengan penanaman serai.

Serai merupakan tanaman yang kaya akan manfaat seperti menangkal radikal bebas, mengatasi gigi berlubang, meredakan kecemasan, mengontrol tekanan darah, bersifat anti bakteri dan anti mikroba, serta mengatasi rematik dan kejang.

Untuk proses pengambilan benih dilakukan oleh Divisi Kesehatan dan Lingkungan Hidup dengan mengambil benih dari kebun yang ada di Dusun Brintrik di hari sebelumnya. Kemudian benih dipisahkan satu persatu untuk mempermudah penanaman. Pada Minggu pagi pukul 6.30, mahasiswa KKN bersama warga sudah bersiap lalu menuju ke lokasi dengan berjalan kaki karena jarak yang ditempuh pun juga tidak jauh dari posko. Serai ditanam di pinggir jalan sebelah kiri dan kanan dengan memberikan jarak satu meter setiap tanaman. Mahasiwa KKN dan warga saling bahu membahu menanam, ada yang bagian mencangkul tanah ada pula yang bagian menanam.

Antusias dari masyarakat sekitar untuk penanaman serai ini memang begitu mendukung. Baik dari segi penanaman atau pencarian benih yang mudah di dapat dan mudah untuk tumbuh. Tanah yang begitu subur menjadikan tanaman apapun gampang untuk di tanam di daerah ini. (Diki Setiawan_poskosuru2)

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Sunday, May 5, 2024