Kuliah Kerja Nyata (KKN) IAIN Tulungagung di Desa Kedawung Kec. Nglegok Kab. Blitar resmi dibuka, di Desa Kedawung sendiri terdapat dua posko yang tersebar di dusun Salam (posko 1) dan Kedawung (posko 2). Sebelum memulai acara pembukaan peserta KKN yang terdiri dari posko 1 dan 2 berkoordinasi untuk mempersiapkan dan membuat acara tersebut menjadi sukses. Persiapan dimulai dari rapat pada dini hari tanggal 13 Januari 2020 kemudian pada esok harinya semua peserta KKN sudah mempersiapkan diri sejak pagi mulai pukul 08.00 WIB.

Acara Pembukaan KKN IAIN TULUNGAGUNG 2020 di Desa Kedawung Kecamatan Nglegok dilaksanakan pada hari Selasa, 14 Januari 2020 di Balai Desa Kedawung pukul 10.00 WIB. yang dihadiri oleh bapak kepala desa kedawung, bapak DPL, bapak babinsa, dan beberapa tamu undangan (tokoh desa). Sambutan di isi oleh Luqmanul Hakim selaku kordes (koordinator desa), bapak Dr. H. M. Darin Arif Mua’allifin, S.H., M.Hum. selaku DPL (dosen pembimbing lapangan), bapak kepala desa, dan bapak babinsa.

Sambutan pertama dari kordes Kedawung, “kami ucapkan banyak terima kasih khususnya bapak kepala desa yang sudah mengizinkan kami bersosialisasi dengan masyarakat Kedawung kami memohon maaf apabila dalam kegiatan proker kami banyak kesalahan dan mungkin tidak sejalan dengan apa yang ada di desa. Kami mohon kerjasamanya dengan masyarakat Kedawung supaya dalam kegiatan kali ini proker kami bisa berjalan dengan lancar”.Bapak DPL menyampaikan bahwa, “tuan rumah posko diperbolehkan untuk menghukum peserta KKN apabila tidak mengikuti kegiatan warga dan tidak menjalankan kewajiban sebagaimana mestinya, serta para mahasiswa wajib mengamalkan ilmunya yang sudah didapatkan di kampus dalam kegiatan di tengah masyarakat”.

Pak Abdurahman selaku kepala desa Kedawung mengucapkan banyak terimakasih kepada pihak IAIN Tulungagung yang sudah mempercayakan desa Kedawung sebagai lokasi KKN pada tahun 2020 yang diharapkan peserta KKN dapat memberikan pengaruh besar kepada desa karena peserta KKN sudah mempunyai bekal dari bangku perkuliahan seperti halnya tema yang diangkat sebagai tema pengabdian yakni “Resiliensi Sosial untuk Indonesia Lebih Maju”.

Dan juga kepala desa menambahkan banyaknya problem-problem desa yang perlu diselesaikan karena belum terselesaikan oleh masyarakat desa Kedawung sendiri dan kami sebagai pihak desa membuka lebar-lebar kapada peserta kkn untuk berproses sebagaimana yang telah disampaikan oleh bapak dosen tadi yakni mahasiswa bukan hanya pengabdian tapi juga menuntut ilmu di desa sini.

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Tuesday, May 14, 2024