TUMPAKKEPUH, BAKUNG – Berawal dari seringnya warga membagikan singkong hasil panen di ladang mereka kepada para Mahasiswa KKN Tumpakkepuh dua, hingga kami berinisiatif untuk menggelar pelatihan pengolahan SDA dan lomba kreatifitas ibu-ibu setempat dalam mengelola hasil SDA yang selama ini diperoleh.

Setelah perundingan dan hasil konsultasi kepada kepala dusun Wotgalih, Mahasiswa KKN dari UIN SATU resmi menggelar kegiatan yang bertema Pelatihan dan Kreasi Pengolahan SDA pada Jumat, 10 Februari 2023. Kegiatan ini bertujuan untuk pengembangan UMKM di desa Tumpakkepuh, khususnya UMKM di dusun Wotgalih.

Sasaran dari kegiatan ini adalah masyarakat dusun Wotgalih, dengan dihadiri kurang lebih 70 warga dan 8 orang perwakilan dari masing-masing RT untuk mengikuti kegiatan lomba kreasi, 8 orang perwakilan itu terdiri dari 2 orang delegasi per RT.

Susunan kegiatan diawali dengan pembukaan, sambutan, dan penyampaian materi oleh ibu Tyas, selaku istri dari Kepala Desa Tumpakkepuh. Kemudian, dilanjut dengan persiapan lomba kreasi, penjurian, pengumuman pemenang, pemberian hadiah, dan penutupan yang dilakukan oleh ibu Tyas dan ibu RW dusun Wotgalih.

Di sela-sela kegiatan pelatihan dan kreasi pengolahan SDA, mahasiswa KKN Tumpakkepuh 2 juga menggelar bazar baju dan buku gratis. Baju dan buku yang disediakan pun ludes tak bersisa karena baju-baju dan buku yang disediakan dalam kondisi yang sangat layak digunakan.

Kegiatan dimulai pukul 14.00 WIB sampai dengan pukul 17.00 WIB. Pemenang dari lomba kreasi yakni diperoleh dari RT 003 dengan menu kreasi berjudul “Bola-Bola Gethuk Sultan”, disusul juara 2 dari RT 004 dengan menu kreasi berjudul “Talam Singkong Lumer”. Meski cuaca sempat kurang mendukung, tapi antusias dan semangat warga terus membara.

Ketua RT setempat berterima kasih karena dengan adanya kegiatan ini Mahasiswa KKN sudah cukup membantu dalam mempertahankan kerukunan, kekompakkan, dan kreatifitas warga. Dengan kegiatan ini pula, mahasiswa KKN juga berperan dalam memberikan inspirasi kepada warga. Dengan singkong, kita bisa membuat ribuan kreasi yang mengenyangkan dan menyenangkan. Apalagi di dusun Wotgalih sendiri, hasil panen singkong sangat melimpah ruah. Setelah kegiatan ini digelar, warga yang mulanya malas mengolah singkong menjadi semangat dan termotivasi. [KKN Tumpakkepuh 2/ NF]

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Monday, Jun 17, 2024