NGEPOH, TANGGUNGGUNUNG – Dalam rangka menyambut bulan rajab, jama’ah dusun Bolu mengadakan pengajian umum yang bertempat di mushola al-hidayah yang letaknya berada di depan posko 3 yang merupakan pokso laki-laki. Dalam acara ini, jama’ah dusun Bolu meminta peserta KKN Ngepoh 2 untuk ikut serta atau berpartisipasi dalam acara rajaban di masjid al-hidayah.

Mulai pagi, peserta KKN Ngepoh 2 khususnya yang perempuan ikut serta membantu ibu-ibu dusun Bolu untuk menyiapkan keperluan untuk acara pengajian umum tersebut. Peserta KKN yang perempuan membantu ibu-ibu menyiapkan konsumsi serta ada juga beberapa yang ikut khataman al-qur’an dan peserta KKN yang laki-laki juga ikut berpartisipasi  membantu bapak-bapak menyiapkan panggung acara serta menata kursi-kursi untuk para tamu .

Sebelum acara puncak di mushola al-hidayah sekitar pukul 13.00 dilakukan kegiatan khatmil qur’an yang diikuti oleh jama’ah mushola al-hidayah beserta anak-anak KKN Ngepoh 2. Acara khatmil qur’an selesai sekitar pukul 15.00, yang kemudian pada pukul 16.00 dilanjutkan dengan acara istighosah bersama di mushola al-hidayah. Setelah acara istighosah barulah acara puncak dimulai yaitu pada pukul 19.00 atau lebih tepatnya setelah sholat isya’.

Acara pengajian umum diawali dengan hadrah yang dilakukan oleh sekelompok ibu-ibu yang tergabung dalam grup hadrah dusun Bolu. Setelah grup hadrah menyanyikan beberapa lagu, lalu dilanjutkan dengan beberapa sambutan yang diantaranya yaitu sambutan dari ketua panitia lalu ada juga sambutan dari takmir masjid besar Tanggunggunung yaitu bapak Jumari, beliau tidak hanya melakukan sambutan namun juga menyampaikan sedikit ceramah.

Selanjutnya ada juga sambutan dari bapak kepala desa Ngepoh serta sambutan dari kepala seksi keamanan Tanggunggunung yaitu bapak Maryoto, beliau dalam sambutannya juga menyampaikan sedikit ceramah tentang bahaya narkoba dan larangan untuk tidak mendekati narkoba. Setelah beberapa sambutan tersebut dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci al-qur’an, dilanjutkan dengan acara puncak yaitu ceramah dari Ustadz Kyai Hj. Imam Syafi’i.

Beliau pada acara pengajian umum memperingati bulan rajab ini menyampaikan ceramah tentang perjalanan isra’ mi’raj nabi SAW. Dalam ceramah kali ini beliau juga menyampaikan tentang rasa syukur yang harus dimiliki oleh setiap orang karena kita semua masih diberikan nafas oleh Allah SWT hingga saat ini.

Ustadz Kyai Hj. Imam Syafi’i juga menyampaikan ceramah tentang bulan rajab yang terjadi sebelum adanya isra’ mi’raj yang kemudian dilanjutkan dengan bulan suci ramadhan. Beliau  berkata “di bulan Rajab sangat di sarankan kita untuk bersedekah dan berpuasa”. Orang-orang yang berpuasa di bulan Ramadhan berarti orang-orang tersebut adalah orang-orang yang mematuhi atau mengikuti ajaran di bulan rajab.

Dan beliau juga berkata “semoga orang-orang yang bersedekah dan berpuasa di bulan rajab selalu diberikan rezeki yang lancar.” Tidak hanya itu, beliau juga banyak menceritakan tentang perjuangan Nabi Muhammad SAW di bulan rajab. Tentunya dengan diajaknya peserta KKN Ngepoh 2 untuk ikut serta mengikuti pengajian umum ini juga dapat menambah pengetahuan para peserta KKN Ngepoh 2. [KKN Ngepoh 2/WFF]

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Wednesday, May 1, 2024