DEMUK, PUCANGLABAN – Pada hari Sabtu, 4 Februari 2023 di Sanggar Budaya Poerbo Koesoemo di depan balai desa Demuk, Kami dari Divisi Kesehatan dan Lingkungan Hidup bekerja sama dengan Kader Desa Demuk untuk mengadakan senam yang dikuti seluruh teman-teman Kuliah Kerja Nyata kelompok 1 dan 2 serta diikuti beberapa ibu-ibu dari warga Desa Demuk.

Sanggar yang menjadi lokasi diadakannya senam memiliki sarana dan prasarana yang lengkap seperti sound system dan tempat yang luas. Kegiatan senam dilakukan secara rutin setiap sabtu malam. Persiapan dilakukan oleh Divisi Kesehatan dan Lingkungan Hidup pada pukul 18.30 WIB, selanjutnya kegiatan senam dilakukan pukul 19.00 WIB dengan dipimpin dua instruktur senam yang telah difasilitasi oleh Kepala Desa Demuk.

Senam Aerobic yang merupakan salah satu olahraga kardio yang bisa menggerakkan otot-otot besar di seluruh tubuh. Misalnya otot lengan, kaki, dan pinggul. Jadi, saat melakukan senam aerobic, akan melibatkan banyak gerakan, tak hanya untuk satu bagian tubuh tapi keseluruhannya hal inilah yang membantu meningkatkan asupan oksigen ke seluruh tubuh.

Kegiatan senam rutin aerobic yang dilakukan ini bertujuan untuk memperoleh berbagai manfaat seperti meningkatkan mood, meningkatkan kekebalan tubuh, mempertajam daya ingat, membantu program diet, mengurangi stress, dan mengurangi risiko berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, obesitas, tekanan darah tinggi, diabetes, serta osteoporosis.

Kegiatan senam ini menarik antusias ibu-ibu warga Desa Demuk yang dilihat dari banyaknya peserta yang ikut dan aktif dalam kegiatan senam tersebut. Kegiatan senam ini mendapat dukungan yang positif dari seluruh masyarakat Desa Demuk. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya penyediaan sarana dan prasarana dari desa. Divisi Kesehatan dan Lingkungan Hidup berharap kerja sama ini membawa manfaat bagi seluruh masyarakat desa Demuk dan peserta KKN UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung tahun 2023. [Fina Faricha Bichoiria dan Anifa Rif’atul Mufarrikha/FD]

#SenamSehat #Ayosenam #HidupSehat

#KKN2023Demuk1 #DivisiKesehatandanLingkunganHidup

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Monday, May 13, 2024