JENGGLUNGHARJO, TULUNGAGUNG – Program kerja pekan cerdas cermat merupakan kegiatan perlombaan yang diikuti oleh semua siswa-siswi SD di desa Jengglungharjo. Kegiatan diadakan oleh divisi pendidikan dan teknologi KKN UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung kelompok 47 di desa Jengglungharjo. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang bernuansa perlombaan antar SD di  desa Jengglungharjo.

Saat kami melakukan observasi dan melakukan perizinan untuk diselenggarakannya kegiatan pekan cerdas cermat di sekolah-sekolah SD  desa Jengglungharjo, kegiatan ini mendapat respon baik dari para tenaga pendidik. Khususnya di beberapa SD yang semangat belajar siswa-siswinya rendah. Sasaran dari kegiatan ini adalah siswa-siswi dari kelas 4 dan 5 yang diwakili oleh dua orang siswa atau siswi dari masing masing SD.

Dari 5 SD yang ada di desa Jengglungharjo semua perwakilannya merupakan siswa-siswi pilihan dari sekolah masing-masing. Dimana dalam kriterianya tidak ada ketentuan perempuan ataupun laki laki,  jadi pada saat kami melakukan konsultasi ke bapak ibu guru di setiap SD, hampir semua menghendaki agar tidak ada peraturan tentang perbedaan gender antar siswa atau siswi yang mengikuti lomba tersebut.

Kegiatan pekan cerdas cermat ini dalam pelaksanaannya terbagi menjadi dua babak yaitu pertama babak penyisihan dimana nantinya akan diperoleh kepada siswa-siswi yang masuk dalam lima besar, dan pada babak kedua adalah babak penentuan untuk mencari juara 1,2 dan 3. Untuk tanggal pelaksanaan pada babak penyisihan dilaksanakan pada hari sabtu tanggal 4 Februari 2023 pukul 08.00 pagi sampai selesai. Sedangkan untuk babak final dilaksanakan hari sabtu tanggal 11 Februari 2023 pada jam yang sama.

Kegiatan cerdas cermat ini dilaksanakan di SD 1 Jengglungharjo. Pelaksanaannya dibagi menjadi dua kelas sesuai dengan kelas masing-masing yaitu kelas 4 dan 5. Pada saat kami melakukan perizinan di tempat SD 1 Jengglungharjo kami mendapatkan sambutan baik dari pihak sekolah. Selain diberikan tempat yang sangat baik kami juga diberikan izin menggunakan beberapa fasilitas sekolah.

Teknis pelaksanaan dari cerdas cermat ini yaitu dimulai dengan soal dibacakan oleh panitia dan para peserta nantinya menjawab dengan menuliskan jawabannya dilembaran kertas yang sudah disediakan sebelumnya. Untuk pembagian soal kami membaginya menjadi tiga tingkatan yaitu soal mudah, sedang dan sulit.

Untuk estimasi waktu pengerjaan di masing-masing soal itu juga berbeda, misal dalam kategori soal mudah kami memberi waktu pengerjaan sebesar 1 menit, untuk kategori soal sedang kami memberi waktu 3 menit, dan untuk kategori soal sulit kami memberi waktu selama 5 menit. Isi materi dari soal cerdas cermat ini sepenuhnya diambil dari buku cerdas tangkas semester ganjil yang pastinya sudah dipelajari oleh siswa-siswi SD disemester lalu.

Harapan kami dari seluruh panitia pelaksanaan divisi pendidikan dan teknologi, nantinya siswa-siswi ini dapat terus semangat dalam belajar dan dengan adanya kompetisi ini dapat membangun jiwa kompetisi mereka dengan baik. Sebagai bentuk apresiasi dari kami selaku tim panitia ingin memberikan hadiah berupa piala, sertifikat, dan bingkisan kepada siswa-siswi yang telah mendapatkan juara 1,2 dan 3. Dan kepada juara harapan 1 dan 2 dimasing-masing kelas kami juga memberikan hadiah bingkisan beserta sertifikat.

Dengan terselenggaranya pekan cerdas cermat ini, kami dari seluruh panitia banyak mengucapkan terimakasih kepada para peserta karena telah bersedia berpartisipasi, serta kepada bapak ibu guru SD 1 Jengglungharjo yang dengan sabar mendampingi siswa-siswinya dan sudah banyak memberikan bantuan kepada kami dalam terlaksananya program ini sehingga  dapat berjalan dengan lancar.[KKN Jengglungharjo/BILA]

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Monday, Apr 29, 2024