BULULAWANG, BAKUNG Pada Rabu, 8 Februari 2023 divisi rumah tangga dan kesehatan membantu menjalankan program pemerintah yaitu survei jentik-jentik di rumah warga dengan didampingi oleh kader jumantik yaitu Ibu Srianik. Program pemerintah ini dilakukan secara serentak dan berkala untuk mencegah dan menanggulangi penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Program pemerintah survei jentik ini dilaksanakan setiap satu bulan sekali.

Sasaran penyuluhan gerakan pemberantasan jentik-jentik yaitu semua keluarga dan pengelola tempat umum agar kebersihan lingkungannya terjaga dan bebas dari jentik-jentik nyamuk Aedes Aegypti.

Gerakan pemberantasan jentik-jentik ini menggunakan gerakan 3M yang merupakan upaya masyarakat paling efektif dalam pemberantasan penyakit DBD dan dapat dilaksanakan secara massal, sehingga gerakan 3M dapat membudaya di masyarakat. Gerakan 3M meliputi, menguras tempat penampungan air (1 kali seminggu), menutup rapat tempat penampungan air sehingga nyamuk tidak dapat masuk, dan menguburkan barang-barang bekas seperti sampah, botol, kaleng, tempurung kelapa, serta barang sejenisnya.

Gerakan pemberantasan jentik ini mengajak masyarakat terlibat dalam menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan secara mandiri. Pemberantasan dimulai dari memberikan arahan mengenai kebersihan bak kamar mandi agar tidak menjadi sarang jentik-jentik, memberantas keberadaan jentik-jentik di bak mandi, serta memberikan obat anti jentik-jentik pada setiap warga. [KKN BULULAWANG 1/NV]

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Saturday, Apr 27, 2024