Semangat: Rektor UIN Satu, Ketua LP2M berfoto bersama dengan DPL dan Mahasiswa perwakilan peserta KKN

Tulungagung-Kamis 19 Januari 2023 Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatulla Tulungagung menyelenggarakan perlehatan besar, upacara pelepasan peserta KKN tahun 2023. KKN Gelombang satu yang direncanakan kick off mulai tanggal 19 Januari 2023 hingga 21 Februari 2023 ini dibuka langsung oleh Rektor UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungaggung. Perlehatan ini yang sedianya diselenggarakan di Lapangan Utama beralih ke Auditorium Gedung Saifudin Zuhri lantai 6.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Prof. Dr. Ngainun Naim dalam sambutan laporannya mengatakan bahwa, “KKN tahun ini adalah KKN yang paling banyak pesertanya. Sejumlah 4290 peserta diberangkatkan di kecamatan Tulungagung yaitu Pucanglaban, Tanggunggunung, dan Sendang serta di Blitar di dua kecamtan, Kecamatan Bakung dan Wonotirto. Peserta KKN tercatat paling banyak terdapat di Kecamatan Sendang yang mencapai angka 1035 mahasiswa.”

“Selain di Kabupaten Tulungagung dan Blitar,” lanjut beliau. “KKN tahun ini terdapat beberapa mahasiswa KKN yang merupakan pengembangan dari penyelenggaraan KKN sebelumnya yaitu KKN Ormada. KKN ini telah berkembang menempati beberapa titik lokasi berbagai kabupaten. Di antaranya: Malang, Jombang, Ponorogo, Lamongan, Probolinggo, Pacitan, dan Nganjuk. Selanjutnya ada KKN Membangun Desa Berkelanjutan yang sudah berjalan sekali di periode sebelumnya. Kini KKN MDB hadir kembali di Kabupaten Trenggalek di Kecamatan Karangan tepatnya di Desa Krosok. KKN ini hadir dengan konsep yang sama selama 1 semester atau 6 bulan sebagai aplikasi dari Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka.”

“Selanjutnya untuk mengakomodir para peserta yang benar-benar tidak mampu untuk turun ke lapangangan dengan berbagai halangan misalnya disabilitas, penyakit komorbid berat, mahasiswi yang sedang hamil atau menyusui diperkenankan untuk mengikuti jenis KKN baru yaitu KKN Inklusi. Sejumlah puluhan mahasiswa sudah masuk dalam KKN ini dan menyatakan siap lahir batin mengabdi di lokasi KKN dengan penuh semangat.” Ratusan mahasiswa perwakilan dari seluruh desa KKN tampak riuh bertepuk tangan.

Rektor UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Prof. Dr. Maftukhin menyatakan bahwa KKN adalah program kampus yang sangat istimewa untuk mendekatkan para mahasiswa dengan masyarakat akar rumput. Dengan KKN, kampus akan menyingkap jubahnya terjun ke masyarakat. “Bahwa dengan ini KKN dengan berbagai jenisnya pada gelombang satu dinyatakan dibuka,” kata orang nomor satu di UIN Sayiid Ali Rahmatullah disambut meriah dengan tepuk tangan dari para hadirin. [red/nat]

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Thursday, Apr 25, 2024