Semen, Gandusari – Pelaksanaan pembukaan KKN IAIN Tulungagung tahun 2020 bertempat di Balai Desa Semen. Acara ini dilaksanakan tanggal 17 Januari 2020 pukul 19.30 yang dihadiri oleh tamu undangan perangkat desa, tokoh masyarakat, karang taruna serta mahasiswa KKN IAIN Tulungagung di Desa Semen. Acara ini berlangsung dengan khidmat dan dihadiri oleh tamu utama yaitu Budi Harianto selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Puryanto selaku Kepala Desa Semen, Ari Winarko selaku Carik, Rustaji selaku Ketua BPD, serta Mahda Fuad Aminudin selaku Ketua Koordinasi Kecamatan wilayah Gandusari.

Acara yang bersifat formal tersebut disambut baik oleh masyarakat, mereka berharap dengan adanya kkn ini mampu membawa perubahan untuk masyarakat khusunya terdapat pada potensi dan pemecahan masalah yang ada di desa tersebut. Sambutan pertama dibuka oleh Korcam Gandusari yang memberikan sepatah kata mengenai mempasrahkan/ menitipkan mahasiswa KKN khususnya di Desa Semen kepada masyarakat / desa Semen.

Mahda juga berpesan, mahasiswa KKN boleh diberikan tugas apapun namun masih terikat dengan sifat KKN kita yaitu berbasis Multisektoral. Sambutan kedua disampaikan oleh DPL Budi Harianto membahas mengenai sifat KKN yang Multisektoral dengan cara penggalian potensi dan sumberdaya pada desa tersebut dengan target mahasiswa dapat memberikan inovasi dan perubahan untuk kedepannya.

Sambutan ketiga diberikan oleh Kepala Desa yang berisi tentang informasi/peluang terkait proker yang dijalankan oleh mahasiswa KKN di Desa Semen. “Peluang di Desa Semen sangatlah banyak sekali, adik-adik mahasiswa pasti akan mudah untuk melaksanakan proker disini, divisi pendidikan dan teknologi dapat memberikan les komputer untuk bapak kepala desa dan kamituwo, divisi ekonomi ikut dalam fermentasi susu, divisi agama ikut dalam mengajar TPQ dengan sosial budaya mengarah pada kesenian/kebudayaan di Semen yaitu karawitan dan jaranan, divisi kesehatan & lingkungan dapat membantu sosialisasi / memberantas nyamuk DBD di Desa Semen,” Tutur kepala Desa dengan tertawa yang diikuti oleh tepuk tangan tamu undangan.

Adanya arahan dari Kepala Desa mahasiswa akan lebih mudah dan mampu menggenggam serta dapat mengaplikasikan sesuai target yang ingin dicapai, dan dari Desa sendiri mensupport proker yang dijalankan dengan tangan terbuka. Acara KKN yang berakhir pada pukul 22.00 wib diakhiri dengan hiburan elekton yang dimainkan oleh Vandela posko 1 Semen sebagai ajang pendekatan kepada masyarakat yang relatif suka dengan musik. Tak hanya peserta KKN, Bapak BPD Rustamaji juga ikut menyumbang lagu dengan amat gembira. (Paradini – Semen2)

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Friday, May 10, 2024