DONGKO- KKN (Kuliah Kerja Nyata) IAIN Tulungagung telah berlangsung selama satu minggu lebih. Terdapat banyak kegiatan yang dilaksanakan. Salah satunya, di posko 2 Desa Watuagung melaksanakan  program Bimbel atau Bimbingan Belajar.

Bimbingan Belajar ini merupakan program kerja dari Divisi Pendidikan. Sosialisasi Bimbel dilakukan di SDN 1 Watuagung, namun murid yang datang juga berasal dari sekolah lain. Anak-anak sangat antusias dan tertarik dengan program ini.

Kegiatan Bimbel dilakukan pada hari Jumat pukul 1 siang dan Minggu pada pukul 9 pagi. Banyak siswa-siswi yang datang dari beragam tingkat kelas. Mulai dari kelas 1 hingga kelas 5. Bahkan ada yang dari Taman Kanak-anak (TK).

Antusiasme siswa-siswi pada kegiatan ini dapat dilihat dari banyaknya mereka yang datang, walaupun jarak rumah mereka ke tempat Bimbel cukup jauh. Kegiatan Bimbel dilakukan di masjid yang dekat dengan posko. Hal ini membuat kami menjadi semangat untuk mengajar mereka.

Meskipun Bimbel merupakan program Divisi Pendidikan, namun mahasiswa-mahasiswi dari devisi lain juga ikut dalam mengajar les anak-anak. Karena jumlah murid yang cukup banyak, maka mereka dibagi berdasarkan kelas. Pembagian pertama adalah untuk kelas 1, 2, dan 3 serta pembagian kedua untuk kelas 4, dan 5. Kami mengajar semua mata pelajaran, utamanya pelajaran untuk esok hari atau ketika anak-anak memiliki pekerjaan rumah.

Selain hari Jumat dan Minggu, Bimbel juga dilakukan setelah kegiatan TPQ. Mengajar mengaji Al-Qur’an ini merupakan program dari Divisi Keagamaan. Jadi, kami berkolaborasi untuk membangun program yang bermanfaat bagi masyarakat. Program Bimbel plus TPQ dilakukan setiap hari pada pukul 2 siang, kecuali hari Jumat.

Dengan adanya program Bimbel ini, diharapkan siswa-siswi menjadi termotivasi untuk terus semangat belajar dan sukses di masa depan dalam meraih cita-cita mereka. Selain itu, program ini juga menjadi salah satu jembatan dalam membantu meningkatkan mutu pendidikan dan kami senang menjadi bagian dari pembangunan kemajuan Desa Watuagung. (Admin Posko Watuagung 2)

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Thursday, May 16, 2024