GUNUNG GEDE, WONOTIRTO – Dalam mengupayakan penghijauan tanaman dan meningkatkan ekonomi, divisi lingkungan hidup dan kesehatan dari kelompok Gunung Gede 2 mengadakan gerakan penanaman 100 bibit pohon jeruk purut yang didatangkan langsung dari Kecamatan Ngunut, Tulungagung. Sebelum merealisasikan program kerja, kami terlebih dahulu mengkoordinasikan kepada kepala dusun mengenai lahan serta membersihkan lahan tersebut sebelum digunakan.

Bibit jeruk purut tersebut ditanam di lahan kosong milik Ibu Sunariyah yang berada tepat di sebelah barat posko KKN kelompok 2 Gunung Gede. Kegiatan ini berjalan sukses dengan dihadiri oleh Bapak Muryanto selaku Kepala Dusun Kalikenongo serta Bapak Wandi selaku ketua RT 03 RW 02. Kegiatan ini  dilaksanakan pada pukul 08.00 WIB dengan tema “Dari Kami untuk Bumi.” Puncak acara pada kegiatan ini yakni penanaman bibit pertama pohon jeruk purut oleh Kepala Dusun Kalikenongo. 

Program kerja gerakan penanaman 100 bibit pohon jeruk purut oleh mahasiswa KKN UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung ini mendapat dukungan dari kepala dusun, Bapak Muryanto, dan mendapat apresiasi baik dari masyarakat. Selain untuk manfaat penghijauan alam, diharapkan setelah bibit pohon tumbuh besar masyarakat dapat memanfaatkan buah-buahan yang dihasilkan oleh setiap pohon. Foto dan makan bersama menjadi agenda penutup kegiatan kali ini.

Harapan kami dengan adanya gerakan penanaman 100 bibit pohon jeruk purut yaitu hasil panen dari penanaman daun jeruk purut tersebut dapat dimanfaatkan oleh warga sekitar dalam jangka panjang selain itu juga dapat mempererat hubungan antara mahasiswa dengan perangkat desa serta masyarakat Desa Gunung Gede khususnya Dusun Kalikenongo. Diharapkan juga dengan adanya penanaman ini dapat dibudidayakan lebih banyak lagi.

Dengan cara rutin memberikan pupuk organik serta pemeliharaan yang baik sehingga nantinya bibit tersebut bisa dibudidayakan dan bisa meningkatkan perekonomian desa dengan cara menjual bibit tanaman, daun jeruk purut, maupun dijual setelah diolah dan menjadi produk tersendiri. Dalam hal ini juga dapat membuka lapangan kerja sehingga dapat menurunkan angka pengangguran yang ada di Kecamatan Wonotirto. [KKN Gunung Gede 2/WFF]

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Friday, Jul 19, 2024