Instansi pendidikan formal di Dusun Bulurejo, Desa Resapombo satu-satunya saat ini hanyalah RA Mamba’ul Huda Bulurejo. Tidak heran jika yang didirikan di sini adalah RA bukan TK, mengingat hampir mayoritas penduduknya pun Islam.

RA ini berdiri sejak lebih dari 10 tahun yang lalu dengan pengelola yang sudah berganti-ganti. Kini RA tersebut memiliki 3 guru dengan dua golongan siswa, yakni kelas A dan B.

Jumlah akumulatif siswanya terhitung 27 anak. Tentu saja dibandingkan sekolah lain di beberapa dusun maupun desa tetangga, jumlah ini tergolong cukup banyak.

Saat ini, kegiatan belajar mengajar siswa RA Mamba’ul Huda dilakukan di Balai Dusun Bulurejo mengingat bangunannya sedang dalam proses pembangunan ulang bersamaan dengan pembangunan ulang Masjid Darussalam.

Kegiatan belajar mengajar sehari-hari di RA tersebut bisa dikatakan sudah sangat tertata. Berbagai tema diajarkan secara bergantian sesuai jadwal dan kurikulum yang ada.

Dari sisi kemandirian, siswa RA ini terbilang sudah sangat baik. Di antara mereka hampir tidak ada yang meminta ditunggu orang tuanya selama proses belajar dari jam 7 pagi sampai pukul 09.30 WIB. Orang tua cukup mengantar jemput sesuai jadwal masuk dan keluar kelas saja.

Dalam 10 hari terakhir mahasiswa IAIN Tulungagung juga berpartisipasi dalam proses mengajar di RA ini. Ternyata, sejak hari pertama kedatangan di dusun ini, partisipasi kami sebagai pengajar baru di RA tersebut sudah sangat ditunggu-tunggu oleh para siswa.

Di sisi lain, rasanya sangat bersyukur karena bahkan para guru pun memyambut baik kedatangan kami dengan tangan terbuka. Dengan ini pula, tidak heran jika dalam berbagai kegiatan penting di RA tersebut kami selalu dilibatkan.

Bukan hanya itu, para guru pun telah menaruh harapan besar dengan kedatangan kami di sini. Mereka berharap bisa terbantu dengan kehadiran kami dalam pengabdian di Desa Resapombo, tepatnya Dusun Bulurejo dalam bidang pendidikan.

Disamping itu kami pun sangat bersyukur karena mereka pun telah memberikan kepercayaan tinggi pada kami sejak awal, baik untuk membantu mengajar maupun dalam mengikuti setiap kegiatan pendidikan lainnya.

Tentu saja, momentum tersebut kami sambut balik dengan hati terbuka dan antusiasme tinggi. Divisi pendidikan dalam hal ini berperan aktif dalam partisipasi berbagai kegiatan khusus di RA, sekaligus berupaya mengembangkan beberapa programnya selama kegiatan KKN di Desa Resapombo.

Meski demikian, sebisa mungkin, seluruh anggota posko 1 tetap akan dilibatkan baik dalam proses mengajar maupun mengikuti kegiatan khusus di RA.

Selanjutnya, tentu besar harapan kami untuk dapat memberikan pengabdian yang berarti bagi RA Mamba’ul Huda Dusun Bulurejo ini selama tugas KKN dari kampus berlangsung.

Di tulis oleh dev. Komunikasi dan Informasi Desa Resapombo 1

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Wednesday, May 1, 2024