GANDUSARI, GANDUSARI – Kabupaten Blitar merupakan salah satu sentra produksi ikan hias khususnya ikan hias Koi. Hal ini setelah dilakukan pengamatan di lapangan oleh mahasiswa KKN IAIN Tulungagung yang ada di desa tersebut.

Kini, setiap menyebut ikan hias Koi pasti mengarah ke Blitar sebagai salah satu produksi ikan Koi berkualitas.

Hal tersebut dapat dibuktikan dengan seringnya Blitar meraih juara dalam event perlombaan (kontes) ikan Koi baik yang diselenggarakan event regional maupun nasional.

Salah satu budidaya ikan koi di Desa Gandusari adalah milik Bapak Samsuri, budidaya ikan koi ini mulanya hanya di sawah sempit sekarang menjadi hamparan-hamparan kolam produktif yang luas. Dari pembudiyaan ikan koi biasa menjadi pelaku usaha koi yang tangguh, mapan dan mandiri.

Ikan koi yang dibudidayakan oleh Bapak Samsuri ini selalu menjaga kemurniannya sehingga kualitas ikan selalu terjaga. Bapak Samsuri juga sangat selektif dan cermat dalam proses budidaya. Faktor lain yang utama adalah proses penyortiran. Proses penyortiran dilakukan antara 5 hingga 6 kali pada saat ikan berumur 1 hingga 2 bulan.  Sehingga ikan koi yang dihasilkan sangat berkelas. Oleh sebab itu pengembangan di masa datang harus dilakukan secara memadai untuk memberikan jaminan terhadap kualitas produk.

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Friday, Jul 19, 2024